BUDAYA ORGANISASI MEDIA DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN TUGAS JURNALISTIK WARTAWAN (Studi deskriptif kualitatif budaya organisasi media dalam menunjang keberhasilan tugas jurnalistik wartawan di RRI Yogyakarta)

PURWAKUSUMA, JOSEPHINE GISELA (2018) BUDAYA ORGANISASI MEDIA DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN TUGAS JURNALISTIK WARTAWAN (Studi deskriptif kualitatif budaya organisasi media dalam menunjang keberhasilan tugas jurnalistik wartawan di RRI Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (JOSEPHINE GISELA PURWAKUSUMA)
KOM05050.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Budaya organisasi digunakan sebagai acuan dalam melakukan kegiatan organisasi seharihari. Budaya organisasi dapat terlihat dari aturan yang berlaku tertulis maupun tidak tertulis, norma yang dijunjung maupun standar operasional kerja pegawai. RRI Yogyakarta juga memiliki budaya organisasi untuk dapat merealisasikan visi misi nya yaitu menjadi Lembaga Penyiaran Publik yang terpercaya. Dalam merealisasikan visi misi ini berkaitan dengan kualitas dari beritanya itu sendiri. Dalam hal penyiaran berita tidak lepas dari tugas dan tanggung jawab wartawannya dalam mempersiapkan suatu informasi agar layak dikonsumsi oleh publik. Budaya organisasi yang ingin diteliti yaitu tipe budayanya, karakteristik budayanya, fungsi budayanya dan dimensi budayanya. Selain budaya organisasi, hal yang menunjang penyampaian budaya organisasi agar dapat diterima baik oleh seluruh pegawainya yaitu melalui komunikasi organisasi. Komunikasi organisasi dapat terlihat dari komponen komunikasinya, gaya komunikasinya, tujuan dan fungsi komunikasi organisasinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mengambil data primer dan data sekunder. Data primer diambil dari wawancara langsung dengan sembilan narasumber. Narasumber ini terdiri dari kepala stasiun RRI Yogyakarta, kepala bagian tata usaha, kepala bidang pemberitaan, tiga kepala seksi, dan tiga wartawan di tiap seksi tersebut. Data sekunder diambil dari bahan-bahan referensi seperti buku. Berdasarkan data yang didapat, dapat disimpulkan bahwa ada kaitan antara budaya organisasi media RRI Yogyakarta dalam keberhasilan tugas jurnalistik wartawanya, terlihat dari proses produksi beritanya. Proses produksi berita yang dimaksud yaitu wawancara dengan narasumber yang terbantu dengan adanya aturan menggunakan seragam kelembagaan. Lalu ideologi yang dipegang yaitu ideologi Pancasila. Kemudian iklim organisasi yang lebih ke memandang orang lain sebagai saudara. Terakhir yaitu adanya kontrak kerja yang mempermudah wartawan dalam melakukan semua kegiatannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: budaya organisasi, komunikasi organisasi, jurnalistik radio
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Jul 2018 07:53
Last Modified: 09 Jul 2018 07:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15070

Actions (login required)

View Item View Item