EFEKTIVITAS NATIVE ADVERTISING PRODUK MAKANAN (Studi Deskriptif Mengenai Efektivitas Native Advertising Dove Chocolate “Nggak Pandai Bilang Sayang Itu Wajar, 7 Gesture Ini Bisa Mewakili dan Bikin Hatinya Hangat” Pada Website Hipwee.com Menggunakan Metode Google Brand Lift)

Tarigan, Riani Ulina (2018) EFEKTIVITAS NATIVE ADVERTISING PRODUK MAKANAN (Studi Deskriptif Mengenai Efektivitas Native Advertising Dove Chocolate “Nggak Pandai Bilang Sayang Itu Wajar, 7 Gesture Ini Bisa Mewakili dan Bikin Hatinya Hangat” Pada Website Hipwee.com Menggunakan Metode Google Brand Lift). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Riani Ulina Tarigan)
KOM04756.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Seturut dengan perkembangannya, iklan digital pada awalnya didominasi oleh banner advertising yang banyak digunakan oleh situs penyedia berita dan konten. Pemahaman mengenai banner ads yang mengurangi kenyamanan pembaca membuat munculnya strategi baru dalam iklan digital yaitu native advertising. Salah satu situs yang menggunakan native advertising sebagai cara beriklan adalah Hipwee.com. Salah satu content patner yang menjalin kerjasama dengan Hipwee.com adalah Dove Chocolate. Salah satu native advertising Dove Chocolate yang terbaru yaitu “Nggak Pandai Bilang Sayang Itu Wajar, 7 Gesture Ini Bisa Mewakili dan Bikin Hatinya Hangat”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas native advertising Dove Chocolate pada website Hipwee.com. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Persuasion Knowledge Model, Periklanan Online, Native Advertising, Efektivitas dan Google Brand Lift. Jenis penelitian ini termasuk deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan dayang yang digunakan adalah metode kuesioner (online). Populasi dari penelitian ini adalah pembaca yang melakukan share konten native advertising Dove Chocolate dan teknik pengambilan sampel menggunakan incedental sampling. Metode mengujian instrumen untuk validitas menggunakan Pearson Correlation’s (Product Moment) dan untuk uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Analisis data penelitian ini menggunakan distribusi frekuensi. Hasil dari perhitungan mean total dengan metode Google Brand Lift, didapatkan bahwa variabel brand awareness mendapatkan kategori efektif dengan mean total sebesar 1, variabel attitudes mendapatkan kategori efektif dengan mean total sebesar 3,15, variabel brand favorability mendapatkan kategori efektif dengan mean total 3,89, variabel purchase intent mendapatkan ketegori tidak efektif dengan mean total 1,62 dan variabel preference mendapatkan kategori tidak efektif dengan mean total 1,55. Kesimpulan dari penelitian ini adalah native advertising Dove Chocolate efektif dalam mempromosikan produk Dove Chocolate pada website Hipwee.com kepada pembaca. Saran yang diberikan peneliti adalah, peneliti menyarankan kepada pengiklan untuk menggunakan jenis native advertising lain atau jenis periklanan online lain untuk membuat konsumen tertarik membeli produk Dove Chocolate.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: native advertising, google brand lift, efektivitas, Hipwee
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Jul 2018 08:42
Last Modified: 09 Jul 2018 08:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15074

Actions (login required)

View Item View Item