Efektivitas Native Advertising Zalora pada Followers @zaloraid di Media Sosial

Makalew, Shanne Yunita Weanne Triyanti (2018) Efektivitas Native Advertising Zalora pada Followers @zaloraid di Media Sosial. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Shanne Yunita Weanne Triyanti Makalew)
KOM04574.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Internet, smartphone, dan media sosial yang semakin melekat penggunaannya pada kehidupan masyarakat saat ini, kemudian menjadikannya peluang untuk merangkul konsumen melalui iklan internet khususnya pada media sosial. Fakta tersebut disadari oleh Zalora, salah satu merek fashion e-commerce yang populer di Indonesia untuk menggunakan iklan di media sosial dengan tujuan agar merek dapat dikenal oleh khalayak luas dan meningkatkan penjualan produk. Instagram merupakan salah satu platform yang dipakai Zalora untuk memasang iklan internet yang masih terbilang baru di Indonesia yaitu native advertising. Iklan tersebut berbeda dengan iklan internet yang lainnya, karena bentuknya yang membaur dengan platform di mana iklan itu dipasang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas native advertising Zalora Indonesia pada followers @zaloraid di media sosial Instagram dengan menggunakan metode Nielsen Digital Brand Effect. Terdapat lima konsep di dalam metode tersebut yaitu, brand awareness, ad recall, message association, brand favorability, dan action consideration. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan jumlah sampel, kemudian didapatkan 100 responden dengan syarat (1) followers dari akun @zaloraid di Instagram, (2) pernah melihat native advertising Zalora Indonesia di Instagram. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian standar efektivitas untuk brand awareness, ad recall, dan message association adalah dengan menghitung median dari nilai total, sedangkan brand favorability dan action consideration akan dihitung nilai mean totalnya. Hasil dari penghitungan dari variabel brand awareness tergolong efektif dengan 55% responden memiliki nilai sama dengan median. Ad recall dengan 68% responden dan message association dengan 59% responden memiliki nilai sama dengan atau lebih dari median, sehingga tergolong efektif. Brand favorability tergolong efektif dengan nilai mean total sebesar 3,77. Action consideration tergolong efektif dengan nilai mean total sebesar 3,78. Kesimpulan dari penelitian ini adalah native advertising dari Zalora Indonesia di media sosial Instagram efektif bagi followers @zaloraid. Saran bagi perusahaan adalah menggunakan konsep iklan yang berbeda-beda agar lebih bervariasi. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya agar menggunakan metode pengukuran efektivitas yang berbeda dan mengukur efektivitas native advertising yang ada di media sosial lainnya, contoh Facebook, Twitter, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: native advertising, efektivitas, Nielsen Digital Brand Effect, Zalora,Instagram
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Jul 2018 09:43
Last Modified: 11 Jul 2018 09:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15096

Actions (login required)

View Item View Item