ANALISIS PERBEDAAN BEBAN KERJA TIAP SHIFT PADA OPERATOR SPBU COCO DAN DODO YANG BEROPERASI 24 JAM DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SJALAMUDDIN, SURYA ANDIKA (2017) ANALISIS PERBEDAAN BEBAN KERJA TIAP SHIFT PADA OPERATOR SPBU COCO DAN DODO YANG BEROPERASI 24 JAM DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (SURYA ANDIKA SJALAMUDDIN)
TI07100.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan beban kerja petugas operator ditinjau dari shift kerja pagi, siang dan malam antara SPBU COCO dan DODO yang beroperasi 24 jam di Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdapat perbedaan antar shift pagi, siang dan malam yang dikeluhkan oleh operator yaitu pada shift siang cenderung lebih ramai daripada kedua shift lainnya sehingga operator merasa lebih lelah saat bekerja pada shift siang. Terdapat perbedaan antar kedua tipe SPBU yaitu pada sistem kepemilikan, fasilitas fisik, dan sistem pengelolaan manajemen. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis beban kerja baik fisik maupun mental pada tiap shift kemudian mengevaluasi sistem kerja shift pada saat ini. Pengukuran beban kerja fisik dilakukan dengan cara objektif yaitu dengan mengukur denyut jantung operator untuk kemudian dikonversikan menjadi nilai konsumsi oksigen dan Heart Rate Range (HRR), hasil dari pengukuran tersebut kemudian dianalisis secara statistika menggunakan uji ANOVA dan uji post-hoc Least Significance Different (LSD). Beban kerja mental diukur menggunakan metode subjektif dengan kuesioner NASA-TLX. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa terdapat perbedaan beban kerja fisik operator pada tiap shift di SPBU COCO dan DODO. Nilai konsumsi oksigen operator pada tiap shift tergolong pada kategori ringan sampai moderat, sedangkan nilai HRR masih dibawah batas yang direkomendasikan atau bisa dikatakan aman. Beban kerja mental operator pada SPBU COCO dan DODO cenderung pada kategori tinggi hingga sangat tinggi dan indikator kebutuhan fisik yang menjadi indikator tertinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Beban Kerja Fisik dan Mental, Shift Kerja, Konsumsi Oksigen, Heart Rate Range, NASA-TLX.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Jul 2018 13:01
Last Modified: 13 Jul 2018 13:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15130

Actions (login required)

View Item View Item