PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN MENGGUNAKAN BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT DI TOKO KITA

APRIYANTO, TOMY (2018) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN MENGGUNAKAN BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT DI TOKO KITA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (TOMY APRIYANTO)
TI07409.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Perkembangan sepeda motor yang semakin pesat saat ini, menjadikan spareparts kendaraan bermotor sebagai pokok dalam pemenuhan kebutuhan otomotif. Toko Kita merupakan toko yang bergerak dalam bidang otomotif berupa retail penjualan spareparts berbasis sepeda motor dengan bermacam jenis, merk dan harga. Sistem persediaan yang ada pada kondisi saat ini menggunakan arsip atau buku dalam pencatatannya. Masalah yang sering muncul dari kondisi tersebut yaitu pihak gudang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam mencari data persediaan karena harus mencari satu per satu secara manual sesuai dengan abjad pada buku stok serta terdapat ketidakcocokan antara arsip atau buku dengan keadaan barang di gudang yang menimbulkan kesalahan informasi yang diterima sehingga sering mendapatkan komplain dari customer. Melihat permasalahan tersebut maka perlu dilakukan perbaikan pada sistem persediaan pada Toko Kita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Business Process Improvement (BPI) dan penerapan konsep USG (Urgency, Seriousness dan Growth) dalam proses perancangan awal. Metode BPI digunakan untuk perbaikan proses bisnis persediaan barang di Toko Kita karena menawarkan perbaikan yang inkremental dan berkelanjutan sehingga lebih fleksibel dan konsentrasi pada satu atau lebih proses yang ingin ditingkatkan kinerjanya. Perbaikan dilakukan dengan cara meneliti proses bisnis yang sedang berjalan saat ini secara keseluruhan dengan menggunakan proses pemetaan dan analisa untuk mengetahui permasalahan yang ada sehingga dapat dilakukan perbaikan pada proses tersebut. Hasil dari penelitian ini berupa prototype sistem informasi menggunakan software excel sederhana yang menghubungkan dengan laporan persediaan beserta Standard Operating Procedure (SOP) untuk penggunaanya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Spareparts, manajemen persediaan, Business Process Improvement (BPI), USG (Urgency, Seriousness dan Growth), Standard Operating Procedure (SOP), sistem informasi, excel
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Jul 2018 09:36
Last Modified: 16 Jul 2018 09:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15145

Actions (login required)

View Item View Item