PENGUKURAN PRODUKTIVITAS DI LANTAI PRODUKSI PT. SUMBER INTI PANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS

KARTIKA, EVAN BETA (2018) PENGUKURAN PRODUKTIVITAS DI LANTAI PRODUKSI PT. SUMBER INTI PANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (EVAN BETA KARTIKA)
TI07434.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Terdapat berbagai macam ukuran performansi suatu perusahaan, salah satunya adalah produktivitas. Penelitian mengenai produktivitas ini dilakukan di lantai produksi PT. Sumber Inti Pangan yang berlokasi di Kuningan, Jawa Barat yang merupakan perusahaan penghasil berbagai bumbu makanan. Produksi di PT. Sumber Inti Pangan dibagi menjadi 3, yaitu unit 1 menghasilkan dried product; unit 3 menghasilkan oil seasoning and paste & sachet oil; serta unit 4 menghasilkan dried mix powder & sachet powder. Dari hasil observasi, perusahaan mengalami beberapa masalah, di antaranya unit 1 sering tidak dapat memenuhi target produksi harian, unit 3 beberapa kali tidak menjalankan kegiatan produksi karena tidak ada permintaan. Berdasarkan data output produksi, terjadi penurunan output produksi dari kuartal pertama tahun 2017 dibanding tahun 2016. Selain itu, dari data jam kerja lembur di tahun 2017 juga mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2016 lalu. Karena fasilitas produksi yang baru dipindah ke Kuningan, perusahaan ingin memonitor performa unit produksi setiap bulannya. Pengukuran produktivitas di lantai produksi menggunakan Data Envelopment Analysis, sehingga hasil pengukuran digunakan sebagai dasar untuk menyusun usulan perbaikan kegiatan produksi. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa unit 3 mengalami inefisiensi. Inefisiensi di unit 3 terjadi karena terjadi slack pada input tenaga kerja, packaging, cabe, kemiri, dan spices & dehydrated. Usulan perbaikan yang dapat diterapkan dalam waktu dekat antara lain menempel catatan setting mesin di samping mesin auto filling (panel kanan) untuk mencegah salah setting mesin, dan perbaikan teknik pemeriksaan barang datang untuk mengurangi tingkat non-conforming spesifikasi material (dari sebelumnya hanya memeriksa sampel yang disiapkan oleh supplier menjadi memeriksa bahan baku yang ada di kendaraan pengangkut). Alternatif usulan perbaikan yang masih perlu dipertimbangkan lagi untuk diterapkan antara lain modifikasi mesin auto filling, mengendalikan ketersediaan spare part mesin, memberi training untuk operator baru, meningkatkan aktivitas pemasaran, pengawasan di lantai produksi, pemeriksaan terhadap bahan pengemas, dan membuat peraturan mengenai izin sebelum absen atau memberi hukuman pada operator yang absen kerja tanpa izin.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Produktivitas, data envelopment analysis, produksi, food processing, linear programming, CCR model, efisiensi.
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Jul 2018 09:50
Last Modified: 16 Jul 2018 09:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15148

Actions (login required)

View Item View Item