PERANCANGAN SISTEM PERANGKAT LUNAK ANTI CYBERBULLYING BERBASIS AGEN SEBAGAI SOLUSI PENCEGAHAN DAN PENANGANAN DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN TEKNOLOGI INTERNET

Handaya, Wilfridus Bambang Triadi and Rahayu, Flourensia Sapty and Sukci, L. Bening Parwita (2016) PERANCANGAN SISTEM PERANGKAT LUNAK ANTI CYBERBULLYING BERBASIS AGEN SEBAGAI SOLUSI PENCEGAHAN DAN PENANGANAN DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN TEKNOLOGI INTERNET. In: SNATIF .

[img] Text (PERANCANGAN SISTEM PERANGKAT LUNAK ANTI CYBERBULLYING BERBASIS AGEN SEBAGAI SOLUSI PENCEGAHAN DAN PENANGANAN DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN TEKNOLOGI INTERNET)
Prosiding SNATIF 2016_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tentang pembangunan sistem anti cyberbullying ini dibuat untuk memberikan solusi terhadap munculnya fenomena cyberbullying. Teknologi dapat digunakan untuk membantu korban bullying dengan cara mencegah konten bullying diakses dalam perangkat teknologi yang digunakan oleh pengguna, dan juga dapat mencegah pengguna untuk sebagai pelaku bullying. Teknologi yang digunakan untuk Jungsi-fungsi tersebut adalah teknologi agen, beserta Jungsi reporting yang dapat digunakan untuk mela porkan aksi-aksi bullying yang terjadi pada media sosial. Kegiatan penelitian difokuskan pada kegiatan analisa dan perancangan sistem, serta implementasi perangkat lunak anti cyberbullying berbasis teknologi agen. Perangkat lunak yang dibangun diharapkan dapat membantu mencegah dan mengatasi kejadian cyberbullying. Ada 2 sistem yang akan dirancang, yang pertama aplikasi untuk dijalankan pada PC desktop, dan memiliki kemampuan melakukan filterisasi terhadap konten bullying dari media sosial dan web, kemudian dapat memblok konten tersebut. Sistem juga dilengkapi dengan kemampuan untuk reporting sehingga dapat mengirimkan report ke pihak yang berkepentingan. Untuk sistem yang kedua adalah berbentuk aplikasi mobile dengan basis sistem operasi Android. Hasil akhir dari perancangan aplikasi ini adalah adanya sistem yang membuat orangtua dapat mengawasi penggunaan Internet oleh anak terutama dalam upaya pencegahan terhadap tinadanya sistem yang membuat orangtua dapat mengawasi penggunaan Int ernet oleh anak terutama dalam upaya pencegahan terhadap tindakan cyberbullying melalui media sosial.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: agen, anti cyberbullying, mobile
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Jul 2018 11:29
Last Modified: 17 Jul 2018 11:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15173

Actions (login required)

View Item View Item