ANALISIS PENGADAAN DELIVERY SERVICE PADA CAMP COFFEE MENGGUNAKAN METODE SERVICE BLUEPRINT DAN TRIZ

HOSEA, ALBERT (2017) ANALISIS PENGADAAN DELIVERY SERVICE PADA CAMP COFFEE MENGGUNAKAN METODE SERVICE BLUEPRINT DAN TRIZ. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ALBERT HOSEA)
TI06651.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Peningkatan kepuasan pelanggan pengguna delivery service pada cafe menjadi isu penting karena dapat memberikan manfaat bagi perusahaan dan pelanggan. Industri jasa pelayanan makanan dan minuman, khususnya cafe sekarang ini semakin marak sehingga memunculkan ide-ide bisnis baru untuk mengembangkan bisnis cafe. Sebelum pengembangan bisnis delivery service ini diterapkan perlu dilakukan pertimbangan dalam berbagai hal untuk melihat apakah ide bisnis tersebut sesuai atau tidak dengan cafe, sehingga kedepannya ide bisnis delivery service ini dapat diterapkan secara optimal. Pada penelitian ini dilakukan pengamatan dan wawancara di Camp Coffee. Dari identifikasi dan pembuatan Service Blueprint serta analisis TRIZ (Teoriya Resheniya Izobretatelskikh Zadatch) diharapkan dapat mengetahui kerangka kerja untuk memahami tentang service improvement yang dapat dilanjutkan pada perbaikan-perbaikan di Camp Coffee. Prinsip TRIZ yang dapat digunakan untuk desain jasa ini adalah prinsip Segmentation, prinsip Prior Action, prinsip first come first serve, serta prinsip Transition into a new dimension dan prinsip Separation in Space untuk pengembangan selanjutnya dapat dimungkinkan adanya bidang tersendiri yang bertanggunjawab pada jasa pelayanan ini sehingga proses bisnis pada cafe menjadi terstruktur dan optimal. Hasil dari analisis kapasitas box pengantaran yaitu minuman dingin sebanyak 20 gelas x 2 bagian menjadi 40 gelas, minuman panas sebanyak 30 gelas x 2 bagian menjadi 60 gelas, dan snack atau makanan sebanyak 32 makanan x 2 bagian menjadi 64 makanan. Dengan harga minimum pesan yaitu Rp.50.000, biaya total pengantaran yaitu Rp.5.000 ditambah dengan aggregat harga order yang dipesan oleh konsumen. Sehingga didapatkan BEP kurang dari 5 tahun untuk pengadaan delivery service ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Service Blueprint, Perancangan Delivery Service, TRIZ.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jul 2018 09:53
Last Modified: 19 Jul 2018 09:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15195

Actions (login required)

View Item View Item