MANAJEMEN PEMELIHARAAN BANGUNAN GEDUNG HOTEL CRYSTAL LOTUS DI KOTA YOGYAKARTA

PEBRINA BR T, HESTI (2017) MANAJEMEN PEMELIHARAAN BANGUNAN GEDUNG HOTEL CRYSTAL LOTUS DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HESTI PEBRINA BR T)
TS14718.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

MANAJEMEN PEMELIHARAAN BANGUNAN GEDUNG HOTEL CRYSTAL LOTUS DI KOTA YOGYAKARTA, Hesti Pebrina Br T, NPM 130214718, tahun 2017, Bidang Peminatan Manajemen Konstruksi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Pembangunan gedung-gedung bertingkat setiap tahunnya akan selalu meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi setiap daerah mendorong munculnya gedung-gedung baru. Agar bangunan-bangunan tersebut tetap terjaga kualitasnya dibutuhkan program pemeliharaan bangunan. Terutama gedung hotel sangat penting diperhatikan pemeliharan bangunan dan manajemen pemeliharaan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik dan fasilitas yang baik agar tamu nyaman dan puas. karna di yogyakarta hotel menjadi utama tempat penginapan turis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemeliharaan Hotel Crystal Lotus di Yogyakarta. Penelitian ini mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 24/PRT/M/2008 tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung. Data penelitian didapatkan dengan cara menyebar kuesioner kepada Bagian Pemelihara dengan jumlah responden sebanyak 15 orang, sedangkan untuk pengguna gedung dibagi menjadi pengguna langsung sebanyak 10 orang dan pengguna tidak langsung sebanyak 20 orang. Anlisis data dilakukan dengan metode mean, Standar Deviasi, Korelasi Spearman Rank untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kegiatan pelaksanaan pemeliharaan dengan penilaian pengguna gedung Hotel Crystal Lotus Yogyakarta. Berdasarakan hasil analisis mean, Bagian Pemeliharaan gedung Hotel Crystal Lotus Yogyakarta mendapat nilai mean sebesar 4,0. Penilaian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan pemeliharaan banguna Hotel Crystal Lotus Yogyakarta tergolong baik. Begitu pula dengan penilaian dari pengguna langsung dan pengguna tidak langsung yang menilai pemeliharaan gedung Hotel Crystal Lotus Yogyakarta termasuk dalam kategori baik. Walaupun masih ada beberapa item pekerjan yang masih di bawah Standar Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 24/PRT/M/2008 tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung. Yaitu diantaranya pemeliharaan pengecatan kusen alumenium dan pengecatan didnding luar bangunan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemeliharaan bangunan, pengguna langsung, pengguna tidak langsung, gedung hotel
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Jul 2018 07:54
Last Modified: 24 Jul 2018 07:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15207

Actions (login required)

View Item View Item