LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PERPUSTAKAAN NASIONAL “REPUBLIKA DEMOKRATIKA DE TIMOR-LESTE” DI DILI, TIMOR-LESTE

DA COSTA TILMAN, PAULA (2017) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PERPUSTAKAAN NASIONAL “REPUBLIKA DEMOKRATIKA DE TIMOR-LESTE” DI DILI, TIMOR-LESTE. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (PAULA DA COSTA TILMAN)
TA13784.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Sebuah perpustakaan nasional berperang penting dalam lingkungan pendidikan kan kultural suatu bangsa. Tempat yang merupakan tersimpangnya koleksi pustaka Negara yang selain memang fungsinya sebagai ruang penyimpanan buku dan segala aktivitas perpustakaan pada umumnya, juga menjadi symbol kebanggaan negara yang mencerminkan sejarah dan kebuadayaan bangsa nya. Perancangan perpustakaan Nasional Timor-Leste sedang dalam proses untuk diimplementasikan, berdasarkan program program perencannaan pemerintah, sebagai sebuah titik kutub yang menghubungkan seluruh perpustakaan dalam negri dan sebuah panggung kultural yang terbuka untuk seluruh kalangan public yang ingin mengenal Timor-Leste. Berdasarkan aspirasi masyarakat Timor-Leste yang memprioritaskan pendidikan sebagai masa depan bangsa, bangunan baru tersebut diharapkan menjadi salah satu wujud kebanggaan Negara yang berkualitas dan bercitra tinggi. Metode penilitian yang dilakukan guna mendapatkan sebuah perancangan yang baik dan menjawab permasalahan yang ada, dilakukan dengan mempelajari studi literature mengenai perpustakaan nasional berdasarkan berbagai sumber, observasi langsung ke area site dan studi kasus mengenai bangunan perpustakaan yang ada di beberapa negara dan kasus yang mengacu pada pada desain perancangan perpustakaan di era modern ini dan penerapan konsep budaya sebagai factor kebanggaan nasional. Konsep awal disini berangkat dari sarana educasi yang mengekspresikan karakter Inisiatif, Imaginatif, kreativitas dan budaya membaca yang menyenangkan bagi bangsa dengan tampilan bangunan yang dapat mengekspresikan Arsitekture Post Modern.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Nasional, Kemampuan perkembangan masyarakat, Inisiatif, Imaginatif, kreativitas dan budaya membaca.
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Jul 2018 09:17
Last Modified: 24 Jul 2018 09:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15215

Actions (login required)

View Item View Item