LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN MUSEUM NASIONAL “REPUBLIKA DEMOKRATIKA DE TIMOR-LESTE” DI DILI, TIMOR-LESTE

SOARES CRISTOVAO, ILDEFONSO (2017) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN MUSEUM NASIONAL “REPUBLIKA DEMOKRATIKA DE TIMOR-LESTE” DI DILI, TIMOR-LESTE. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ILDEFONSO SOARES CRISTOVAO)
TA13771.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Dalam era pembangunan teknologi yang cepat berkembang dewasa ini, peranan museum sangat diharapkan untuk mengumpulkan, merawat, dan mengkomunikasikan berdasarkan penelitian dari benda-benda yang merupakan bukti konkret dari proses pengembangan kebudayaan. Di museum, masyarakat dapat memperoleh tempat berekreasi sambil mendapatkan informasi mengenai ilmu dan kejadian-kejadian yang terdapat dalam kehidupan manusia dan lingkungan. Pada umumnya masyarakat masih memandang museum sebagai suatu tempat atau lembaga yang bersuasana statis, berpandangan konservatif atau kuno, mengurusi benda benda kuno kalangan elite untuk kebanggaan dan kekaguman semata. museum memang terkesan menyeramkan karena identik dengan barang-barang kuno, sunyi, kemegahan, dan kadang agak kurang terurus. Namun seharusnya hal ini tidak menjadi suatu halangan bagi masyarakat untuk tidak mengunjungi museum. Karena dibalik kekakuannya, museum juga memperkenalkan proses perkembangan sosial budaya dari suatu lingkungan kepada masyarakat. Masyarakat juga bisa menggunakan museum sebagai sarana belajar, selain sebagai tempat rekreasi. Tempat penyimpanan barang-barang koleksi kebudayaan dari berbagai jenisjenis koleksi inilah yang dapat diharapkan sebagai wadah yang paling tepat dalam memberikan pengetahuan yang lebih luas untuk pelestarian benda-benda yang memiliki nilai historical, religius dan budaya, sehingga sangatlah tepat wadah ini ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat. Adapun yang menjadi dasar dalam pemakaian tema yaitu sebagai penunjuk dan pengenalan terhadap wujud rancangan pembangunan Museum Nasional Republika Demokratika de Timor-Leste sebagai tempat pengumpulan benda-benda peningalan besejarah dengan pendekatan memadukan dan mengembangkan unsur etnik dari budaya setempat dan menambahkan unsur modern pada pembangunan yang diharapkan menjadi Museum Nasional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Museum Nasional, karakteristik, Edukatif, rekreatif, dengan pendekatan memadukan dan mengembangkan unsur etnik dari budaya setempat dan menambahkan unsur modern.
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Jul 2018 09:32
Last Modified: 24 Jul 2018 09:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15217

Actions (login required)

View Item View Item