LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR HUNIAN REHABILITASI NARKOBA DAN EDUKASI DI SLEMAN DENGAN PENDEKATAN HEALING ENVIRONEMT

SULISTYANTO, WISNU (2017) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR HUNIAN REHABILITASI NARKOBA DAN EDUKASI DI SLEMAN DENGAN PENDEKATAN HEALING ENVIRONEMT. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (WISNU SULISTYANTO)
TA14359.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Kelatahan para pengguna terhadap candu sejauh ini mengalami peningkatan bahkan tidak sedikit, faktor dalam diri dalam merespon kelatahan mengenai narkoba menjadi pekerjaan semua elemen terkait dalam penanganan dan penuntasannya. Fenomena buruk munculnya narkoba bentuk baru menambah pekerjaan rumah menjadi semakin buruk, melihat kurangnya kesadaran masyarakat mengenai narkoba dan tidak tertampungnya para korban pengguna narkoba yang terjadi saat ini. Pengadaan hunian Rehabilitasi Narkoba dan Edukasi menjadi tepat sasaran jika melihat ke belakang mengenai permasalahan yang ada. Namun, pengadaan wadah baru tidak menjadikan para korban menjadi lebih siap kembali ke dunia awal sebab Rehabilitasi narkoba umumnya hanya membiarkan residen yang tidak mengikuti tahapan proses pemulihan dengan dalil biarkan saja. Residen seperti ini tidak boleh dibiarkan beri pendekatan untuk merangsang kemauan untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Pendekatan healing environment dengan bermacam pengaturannya sudah menjadi bukti mampu meningkatkan daya “tumbuh dengan alam” dan stimulan yang baik, dalam kasus ini pengolahn penataan ruang luar dan dalam menjadi respon penanganan masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kelatahan, Rehabilitasi dan Edukasi, Healing Environment
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Jul 2018 10:15
Last Modified: 24 Jul 2018 10:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15224

Actions (login required)

View Item View Item