Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancangan Taman Budaya Rumput Laut Yang Terintegrasi Dengan Hotel Resor Melalui Pendekatan Arsitektur Ekologis Bali

VINNIE SANJAYA, DAVID (2017) Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancangan Taman Budaya Rumput Laut Yang Terintegrasi Dengan Hotel Resor Melalui Pendekatan Arsitektur Ekologis Bali. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (DAVID VINNIE SANJAYA)
TA14872.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Wisata bahari merupakan sebuah tren wisata yang saat ini sedang banyak berkembang pesat di seluruh dunia. Masyarakat lokal hingga turis sekarang ini mulai meyukai jenis wisata ini yang tergolong wisata adventure. Beberapa hal yang dilakukan oleh wisatawan di wisata ini adalah menyelam, berselancar, snorkeling, memancing, bermain, dan lainnya. akibat wisata adventure tersebut membuat rusaknya ladang untuk menanam rumput laut, akibatnya pulau Bali yang dulu menjadi baguan dari 10 provinsi Indonesia pengeskspor rumput laut terbesar selain, Sulawesi Selatan, NTT, dan Sulawesi Tenggara. Hal tersebut dikarenakan kedilemaa n antara pembudidayaan rumput laut dan faktor pariwisata. Sangat disayangkan, pada masa kini Perkembangan ekspor rumput laut pada provinsi Bali mengalami fluktuasi pada tiap tahunnya. pada tabel 2 dari tahun 2001 hingga tahun 2013 volume ekspor rumput laut tidak menentu. Pada tahun 2002 merupakan ekspor rumput laut terbesar, yang kemudian menurun pada tahun 2003 dan 2004, namun pada tahun 2005 permintaan ekspor kembali naik. Kemudian dimulai dari tahun 2007 besarnya ekspor rumput laut mengalami penurunan hingga tahun 2013. Kondisi ini disebabkan permintaan ekspor rumput laut di dunia meningkat, namun kegiatan pembibitan atau pembudidayaan mengalami penurunan. Hal ini disebabkan penyempitan lahan akibat ahli funsi lahan untuk obyek wisata, dan banyaknya para petani rumput laut yang berahli profesi ke bidang wisata. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka akan diusulkan – dalam perencanaan dan perancangan keberadaan taman rumput laut yang terintegrasi dengan hotel resor nantinya akan menjadi kawasan obyek wisata yang bermanfaat bagi para wisatawan, penduduk setempat, dan pemerintah daerah provinsi Bali. Bagi para penduduk setempat, dan pemerintah keberedaan taman rumput laut ini akan membantu dalam peningkatan produksi rumput laut dan mengembalikan provinsi Bali sebagai 10 provinsi penghasil rumput laut terbesat di Indonesia. Proses perancangan dan perencanaan taman rumput laut dan hotel resor akan dirancang melalui sebuah tatanan lansekap berdasarkan tahapan kebudayaan Bali, yang dipadukan dengan konsep kontemporer serta Ekologis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Taman Rumput Laut, Hotel Resor, Pembudidayaan Rumput Laut, Ekologis.
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Jul 2018 10:27
Last Modified: 24 Jul 2018 10:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15225

Actions (login required)

View Item View Item