LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANC ANGAN TAMAN EDUKASI DI YOGYAKARTA STUDI BENTUK BANGUNAN BERDASARKAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLO GIS

INTAN NURSWENDAH, THERESIA (2016) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANC ANGAN TAMAN EDUKASI DI YOGYAKARTA STUDI BENTUK BANGUNAN BERDASARKAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLO GIS. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (THERESIA INTAN NURSWENDAH)
TA13884.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Yogyakarta merupakan salah satu dari banyak kota lain di Indonesia yang mempunyai ragam budaya dan kesenian tradisional. Yogyakarta memiliki beragam potensi budaya, baik budaya yang tangible (fisik) maupun yang intangible (non fisik) potensi budaya yang tangible antara lain kawasan cagar budaya dan benda cagar budaya sedangkan potensi budaya yang intangible seperti gagasan, sistem nilai atau norma, karya seni, sistem sosial atau prilaku sosial yang ada dalam masyarakat. Perencanaan Taman Edukasi ini akan membantu program Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta dalam meningkatkan fasilitas pelayan publik dengan basis pendidikan sosial dan budaya melalui pengaplikasian prinsip arsitektur ekologis sehingga akan membantu dalan penyediaan ruang terbuka hijau. Pengembangan dan pemanfaatan ruang sosial dan budaya ini juga sebagai usaha meningkatkan nilai tambah di bidang pariwisata dalam rangkaian paket wisata sosial dan budaya yang kreatif, cerdas dan logis. Hal ini menjadi tantangan bagi pemerintah daerah, swasta dan masyarakat pelaku pariwisata, ini dapat dilihat dari peningkatan Jumlah wisatawan yang sangat signifikan, baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke kota Yogyayakarta. Melalui penataan ruang luar dan ruang dalam bangunan Taman Edukasi ini akan dirancang dengan pendekatan konsep arsitektur ekologis. Penataan ruang luar melalui pengolahan tapak agar mampu menciptakan nuansa rekreatif dan edukatif bagi kegiatan sosial dan budaya, melalui elemen perancangan seperti pembatas ruang, skala, konstruksi,warna, tekstur, sirkulasi, serta tata hijau. Penataan ruang dalam melalui elemen pembentuk ruang difungsikan untuk meningkatkan minat pengunjung terhadap fasilitas ruang dan kualitas ruang yang disediakan, seperti pengolahan elemen lantai, dinding, langit-langit, tangga, jendela, pintu, perabot ruang, perapian, perlatan lampu, dan aksesori ruang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Taman edukasi, sosial dan budaya, arsitektur ekologis, edukatif, rekreatif
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Jul 2018 12:33
Last Modified: 24 Jul 2018 12:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15236

Actions (login required)

View Item View Item