PENGARUH PERSEPSI RISIKO FUNGSIONAL, RISIKO KEUANGAN, RISIKO FISIK, DAN RISIKO PSIKOLOGI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN UNTUK PRODUK MAKANAN PRIVATE LABEL BRAND (PLB) RETAIL SUPER INDO YOGYAKARTA

Santosa, Kristianto (2017) PENGARUH PERSEPSI RISIKO FUNGSIONAL, RISIKO KEUANGAN, RISIKO FISIK, DAN RISIKO PSIKOLOGI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN UNTUK PRODUK MAKANAN PRIVATE LABEL BRAND (PLB) RETAIL SUPER INDO YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Kristianto Santosa)
EM20468.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dewasa ini banyak bisnis ritel yang menjual produk dengan merek toko Private Label Brand (PLB). Keunggulan kompetitif dari roduk PBL adalah harga yang murah. Sebagai suatu isyarat ekstrinsik, harga tentunya memiliki hubungan dengan kualitas. Harga produk PBL yang murah tentunya memiliki kualitas yang lebih rendah dibandngkan produk merek terkenal. Kondisi ini tentunya akan berdampak pada tinggi atau rendahnya minat pembelian konsumen pada produk PBL. Ini berkaitan dengan risiko yang mungkin timbul dari pembelian produk PBL. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh fungsional, risiko keuangan, risiko fisik, risiko psikologi terhadap minat beli kepercayaan. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk menganalisis perbedaan penilaian konsumen pada faktor risiko fungsional, risiko keuangan, risiko fisik, risiko psikologi dan minat beli ditinjau dari karakteristik konsumen Penelitian ini dilakukan pada 150 orang konsumen produk makanan merek PLB retail Super Indo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Risiko fungsional, risiko keuangan, risiko fisik dan risiko psikologi mampu memprediksi 69,5% perubahan minat beli. Risiko fungsional, risiko keuangan, risiko fisik dan risiko psikologi memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap minat beli. Terdapat perbedaan penilaian konsumen pada variabel risiko fungsional, risiko keuangan, risiko fisik, risiko psikologi dan minat beli berdasarkan karakteristik pendapatan. Konsumen dengan pendapatan yang semakin tinggi memiliki penilaian risiko (risiko fungsional, risiko keuangan, risiko fisik dan risiko psikologi) yang lebih tinggi dibandingkan konsumen dengan tingkat pendapatan yang lebih rendah. Konsumen dengan pendapatan yang semakin rendah memiliki minat beli yang lebih tinggi produk private label brand Super Indo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Risiko fungsional, risiko keuangan, risiko fisik, risiko psikologi dan minat beli
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Jul 2018 09:00
Last Modified: 25 Jul 2018 09:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15250

Actions (login required)

View Item View Item