YULIANI, ISABELLA (2017) PENINGKATAN KUALITAS JASA DENGAN METODE KANO DAN TRIZ DI BENGKEL WIJAYA PUTRA KLATEN. S1 thesis, UAJY.
Text (ISABELLA YULIANI)
TI06766.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Bengkel Wijaya Putra Motor adalah bengkel mobil yang terletak di Kabupaten Klaten. Permasalahan yang terjadi di Bengkel Wijaya Putra Motor adalah semakin berkurangnya konsumen bengkel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan meningkatkan tingkat kualitas jasa di Bengkel Wijaya Putra Motor agar terjadi peningkatan jumlah konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kano dan TRIZ. Berdasarkan hasil kuesioner Kano, faktor yang mempengaruhi tingkat kualitas jasa di Bengkel Wijaya Putra Motor yaitu kenyamanan di tempat menunggu, ketelitian teknisi dalam memperbaiki mobil, dan kualitas servis. Perancangan solusi menggunakan metode TRIZ. Hasil yang didapatkan adalah perbaikan tempat menunggu dengan diberi sekat pada tempat menunggu agar tempat menunggu tidak menjadi satu dengan area bengkel sehingga suara tidak terlalu bising, penambahan fasilitas dalam ruang menunggu agar konsumen dapat nyaman selama proses menunggu, diadakan pelatihan pegawai setiap 4 bulan sekali dan evaluasi pegawai setiap sebulan sekali, pembuatan standar prosedur yang jelas, pembuatan form pemeriksaan sederhana untuk memudahkan teknisi, dan melakukan perencanaan yang lebih baik yaitu dengan pendataan material agar dapat memperkirakan stok spare part untuk bengkel dengan menggunakan microsoft excel.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Jasa, Bengkel Mobil, Kano, TRIZ |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 25 Jul 2018 09:17 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 09:17 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15254 |
Actions (login required)
View Item |