ANALISIS MINAT PASAR TERHADAP USAHA BARU PRODUK KEBAB BUAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

REGAR NOURMA ADHITYA, APRILLA (2017) ANALISIS MINAT PASAR TERHADAP USAHA BARU PRODUK KEBAB BUAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (APRILLA REGAR NOURMA ADHITYA)
TI08644.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Ridwan adalah seorang mahasiswa Universitas Telkom di Bandung yang ingin membuka sebuah usaha baru. Melalui contoh usaha kebab yang berhasil dan manfaat buah yang tinggi, Ridwan ingin membuka usaha baru produk kebab buah. Usaha yang ingin dibangun sejalan dengan permasalahan di Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu untuk menjadikan produk kebab buah sebagai salah satu alternatif makanan yang sehat untuk meningkatkan kembali konsumsi buah di masyarakat. Kebab buah menjadi salah satu jenis kebab inovasi yang dapat dikembangkan untuk memulai usaha baru. Namun demikian ada yang perlu diketahui terlebih dahulu potensi pasar yang akan dihadapi, mengingat jenis dan isian kebab yang tidak seperti biasanya. Maka dari itu dibutuhkan sebuah riset agar dapat membuktikan eksistensi untuk usaha baru kebab buah. Pembuatan diagram keterkaitan membuktikan perlunya penelitian lebih lanjut untuk melihat potensi pasar terhadap inovasi produk dalam hal usaha baru produk kebab buah. Riset pasar diawali dengan melakukan wawancara dengan Ridwan yang ingin membuka usaha baru produk kebab buah. Langkah selanjutnya adalah dengan menetapkan target pelanggan, menetapkan hipotesis awal, pengumpulan data sekunder yang dibutuhkan dan menyusunnya menjadi daftar pertanyaan untuk dibagikan kepada responden agar mendapatkan hasil sesuai dengan penelitian yang sedang diteliti. Hasil analisis riset pasar untuk mengetahui minat pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap usaha baru produk kebab buah memiliki potensi yang besar. Hal ini ditunjukkan dari hasil kuesioner dengan responden yang menyukai produk kebab buah sebesar 88%, kisaran harga kebab buah yang diminati oleh responden adalah Rp 8.000 – Rp 9.999 dengan persentase sebesar 66%, responden memilih untuk memakan kebab buah di tempat dengan persentase sebesar 55%, wadah yang diminati responden untuk makan di tempat adalah memakai piring dengan persentase sebesar 62%, wadah yang diminati responden untuk kebab buah ketika dibawa pulang atau dibungkus adalah memakai kertas karton dengan persentase sebesar 59%, lokasi pilihan responden untuk penjualan produk kebab buah adalah berada di dekat kampus dengan persentase sebesar 71%, waktu pembelian yang paling diminati oleh responden adalah pukul 12:00 – 17:59 dengan presentase sebesar 61%, pemilihan ukuran saat pembelian kebab diperlukan menurut pilihan responden dengan presentase sebesar 91% dan jejaring sosial yang digunakan untuk pemasaran adalah instagram sesuai pilihan terbanyak dari responden yaitu sebesar 95%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kebab, buah, makanan sehat, kuesioner, riset pasar.
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Jul 2018 09:39
Last Modified: 25 Jul 2018 09:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15256

Actions (login required)

View Item View Item