PERBAIKAN PROSES PRODUKSI DI SEKSI TOOL MAKING A DENGAN ANALISIS VALUE STREAM MAPPING DI CV. KARYA HIDUP SENTOSA

Alfian Novianto, Markus (2017) PERBAIKAN PROSES PRODUKSI DI SEKSI TOOL MAKING A DENGAN ANALISIS VALUE STREAM MAPPING DI CV. KARYA HIDUP SENTOSA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Markus Alfian Novianto)
TI08629.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

CV. karya Hidup Sentosa adalah perusahaan yang bergerak di bidang alat-alat pertanian. Perusahaan ini terletak di kota Yogyakarta provinsi DIY. Perusahaan ini ingin mengevaluasi target produksi yang diberikan khususnya pada unit tool making, seksi tool making A. Pada saat penjualan mengalami kenaikan unit tool making, seksi tool making A sering tidak mencapai target yang diberikan perusahaan yaitu 150 order terselesaikan.Hal ini menyebabkan unit produksi setelahnya yaitu sheet metal mengalami gangguan produksi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor yang menjadi penghambat untuk mecapai target produksi di seksi tool making A. Faktor-faktor penghambat biasa disebut waste atau pemborosan. Proses perbaikannya dilakukan pembuatan atau pemetaan sistem kerja yang ada di seksi tool making A. Kenaikan waktu tersedia pada proses machining menjadi parameter keberhasilan penelitian ini. Metode analisis yang digunakan adalah menggunakan visualisasi value stream mapping. Proses produksi yang ada di seksi tool making A dipisah hingga mengetahui bagian dari pekerjaan mana yang bisa diperbaiki atau tidak. Pemborosan yang ditemukan saat penelitian sedapat mungkin dihilangkan atau dialihkan. Penambahan kegiatan juga dimungkinkan untuk menambah kegiatan yang dapat mempercepat kegiatan produksi yang ada. Hasil penelitian ini menyimpulkan berupa hasil perbaikan sistem produksi di CV. KHS dan standarisasi proses CAM. Kegiatan yang mengahambat setelah dilakukannya penelitian ini yaitu kegiatan untuk mencari benda dalam rak yang membutuhkan waktu yang lama. Perbaikan berupa penambahan tempat transit material ternyata dapat mempengaruhi waktu untuk persiapan sebelum machining. Target 150 order terselesaikan dapat dicapai dengan perbaikan penambahan tempat transit material ini. Standarisasi CAM meliputi cutting data pada pembuatan program NC sehingga dapat mempercepat proses bagian CAM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: value stream mapping, make to order , manufaktur, produksi dies, tempat transit material, menghilangkan pemborosan
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Jul 2018 09:50
Last Modified: 25 Jul 2018 09:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15257

Actions (login required)

View Item View Item