PENGARUH SAMPAH PLASTIK SEBAGAI BAHAN TAMBAH TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL PADA HOT ROLLED SHEET-B (HRS-B)

Pangestiadji, Anderson Hario (2011) PENGARUH SAMPAH PLASTIK SEBAGAI BAHAN TAMBAH TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL PADA HOT ROLLED SHEET-B (HRS-B). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS12621.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS12621.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS12621.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS12621.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS12621.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[img] Text (Bab V)
5TS12621.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TS12621.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hot Rolled Sheet (HRS) atau biasa disebut Lataston (Lapis Tipis Aspal Beton) merupakan lapis penutup yang terdiri dari campuran antara agregat bergradasi timpang, filler dan aspal keras dengan perbandingan tertentu, yang dicampur dan dipadatkan dalam keadaan panas (tebal padat 2,5 cm atau 3 cm). HRS terdiri dari 2 tipe yaitu HRS tipe A (WC/Wearing Course) dan HRS tipe B (Base Course). Hot Rolled Sheet (HRS) telah banyak digunakan sebagai lapisan permukaan pada perkerasan jalan di Indonesia, dikarenakan memiliki sifat yang kedap terhadap air dan memiliki ketahanan terhadap fatigue/kelelahan yang cukup tinggi. Hot Rolled Sheet (HRS) pada ruas-ruas jalan beraspal sering mengalami kerusakan dini berupa retak, alur dan perubahan bentuk lainnya. Oleh karena itu diperlukan penanganan dengan menggunakan suatu bahan tambah yang relatif tahan untuk menunda kerusakan dini. Bahan pada sampah plastik yang sering digunakan umumnya sebagai kemasan makanan dan minuman dapat dijadikan sebagai bahan tambah untuk dimodifikasi pada perkerasan jalan, dikarenakan sifat plastik yang sangat mudah dibentuk dengan pemanasan pada suhu tertentu. Pada penelitian kali ini yang ditinjau adalah pengaruh sampah plastic sebagai bahan tambah terhadap karakteristik Marshall. Penelitian dilaksanakan dengan melakukan pengujian Marshall pada beberapa variasi benda uji yang dibuat ganda/duplo, sehingga jumlah seluruh benda uji adalah 60 buah. Variasi bahan tambah sampah plastik yang digunakan adalah 3 %, 3,5 %, 4 %, 4,5 % dan 5 %, dengan kadar aspal untuk masing-masing variasi 5 %, 5,5 %, 6 %, 6,5 % dan 7 %. Pembanding dari variasi tersebut dipakai Hot Rolled Sheet-B (HRS-B) tanpa menggunakan bahan tambah sampah plastik. Berdasarkan hasil penelitian sesuai dengan persyaratan Bina Marga 2007, didapatkan bahwa pengaruh penggunaan sampah plastik jenis LDPE (Low Density Poly Ethylene) sebagai bahan tambah (additive) ternyata dapat meningkatkan kualitas karakteristik Marshall dengan kadar aspal optimum (KAO) sebesar 5 % dengan kadar penambahan plastik masing-masing sebesar 3 %, 3,5 %, 4 %, 4,5 % hingga 5 %. Campuran aspal dengan menggunakan bahan tambah plastik jenis LDPE (Low Density Poly Ethylene) dapat direkomendasikan sebagai bahan tambah untuk meningkatkan mutu perkerasan lentur jalan raya. Demi penyempurnaan penelitian lanjutan, maka disarankan untuk penelitian sejenis dengan bahan tambah plastik dapat dilanjutkan dengan peninjauan unsur kandungan serta reaksi kimia yang terkandung dalam bahan plastik campuran aspal dengan variasi kadar plastik dan jenis plastik yang berbeda. Kata kunci : HRS-B, bahan tambah, Low Density Poly Ethylene

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: HRS-B, bahan tambah, Low Density Poly Ethylene
Subjects: Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 May 2013 09:05
Last Modified: 20 May 2013 09:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1526

Actions (login required)

View Item View Item