Nikolaus, Kevin Parmenas (2018) ANALISIS PENGARUH FASILITAS MEMUTAR BALIK ARAH (UTURN) TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS U-TURN JL. AFFANDI-DEPAN SWISS HOUSE BAKERY YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
TS156170.pdf Download (10MB) |
|
Text (BAB I)
TS156171.pdf Download (152kB) |
|
Text (BAB II)
TS156172.pdf Download (41kB) |
|
Text (BAB III)
TS156173.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB IV)
TS156174.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
Text (BAB V)
TS156175.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
|
Text (BAB VI)
TS156176.pdf Download (1MB) |
Abstract
Salah satu usaha manajemen lalu lintas yang bertujuan untuk meminimalkan permasalahan lalu lintas yaitu dengan pembuatan median. Median merupakan suatu pemisah fisik jalur lalu lintas yang berfungsi menghilangkan konflik lalu lintas dari arah yang berlawanan. Pembagian jalur membutuhkan suatu fasilitas berupa tempat putar balik arah (u-turn), untuk memudahkan kendaraan yang ingin berbalik. Adanya u-turn mempengaruhi pergerakan kendaraan disekitarnya, sehingga kecepatan kendaraan akan melambat atau bahkan berhenti. Penelitian dilakukan pada u-turn yang berada di depan Swiss House Bakery Yogyakarta dan ruas Jl. Affandi yang melewati u-turn selama 2 hari yaitu hari Kamis, 12 Oktober 2017 dan Hari Sabtu, 14 Oktober 2017 dengan pengambilan datanya dilakukan pada jam sibuk selama 2 jam dengan interval waktu setiap 15 menit, yakni pagi hari pada pukul 07:00–09:00 WIB, siang hari 12.00-14.00 WIB dan sore hari pada pukul 15:00–17:00 WIB. Dengan hasil penelitian arus lalu lintas sebelum u-turn ke arah utara sebesar 1959,8 skr/jam dan ke arah selatan sebesar 2633,3 skr/jam. Pada penelitian kedua lokasi studi diperoleh hasil bahwa kelas hambatan samping masuk dalam kategori sedang, kecepatan arus bebas sebesar 53,25 km/jam dan kapasitas sebesar 3157,44 skr/jam. Hasil analisa pengaruh fasilitas u-turn menunjukan perubahan pada lokasi studi. Pada lokasi u-turn depan Swiss House Bakery Yogyakarta untuk ke arah utara diperoleh perubahan derajat kejenuhan dari 0,62 menjadi 0,72, penurunan kecepatan tempuh sebesar 53,6% dan ke arah selatan diperoleh perubahan derajat kejenuhan dari 0,83 menjadi 0,73, penurunan kecepatan tempuh sebesar 43,8%. Sedangkan untuk kapasitas menjadi 2904,84 skr/jam yang diakibatkan oleh adanya panjang antrian.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kinerja jalan, kinerja u-turn,pengaruh |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 01 Aug 2018 09:16 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 02:41 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15294 |
Actions (login required)
View Item |