ANALISIS PENGARUH FASILITAS MEMUTAR BALIK ARAH (UTURN) TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS U-TURN JL. AFFANDI-DEPAN SWISS HOUSE BAKERY YOGYAKARTA)

Nikolaus, Kevin Parmenas (2018) ANALISIS PENGARUH FASILITAS MEMUTAR BALIK ARAH (UTURN) TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS U-TURN JL. AFFANDI-DEPAN SWISS HOUSE BAKERY YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TS156170.pdf

Download (10MB)
[img] Text (BAB I)
TS156171.pdf

Download (152kB)
[img] Text (BAB II)
TS156172.pdf

Download (41kB)
[img] Text (BAB III)
TS156173.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB IV)
TS156174.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (BAB V)
TS156175.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (BAB VI)
TS156176.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu usaha manajemen lalu lintas yang bertujuan untuk meminimalkan permasalahan lalu lintas yaitu dengan pembuatan median. Median merupakan suatu pemisah fisik jalur lalu lintas yang berfungsi menghilangkan konflik lalu lintas dari arah yang berlawanan. Pembagian jalur membutuhkan suatu fasilitas berupa tempat putar balik arah (u-turn), untuk memudahkan kendaraan yang ingin berbalik. Adanya u-turn mempengaruhi pergerakan kendaraan disekitarnya, sehingga kecepatan kendaraan akan melambat atau bahkan berhenti. Penelitian dilakukan pada u-turn yang berada di depan Swiss House Bakery Yogyakarta dan ruas Jl. Affandi yang melewati u-turn selama 2 hari yaitu hari Kamis, 12 Oktober 2017 dan Hari Sabtu, 14 Oktober 2017 dengan pengambilan datanya dilakukan pada jam sibuk selama 2 jam dengan interval waktu setiap 15 menit, yakni pagi hari pada pukul 07:00–09:00 WIB, siang hari 12.00-14.00 WIB dan sore hari pada pukul 15:00–17:00 WIB. Dengan hasil penelitian arus lalu lintas sebelum u-turn ke arah utara sebesar 1959,8 skr/jam dan ke arah selatan sebesar 2633,3 skr/jam. Pada penelitian kedua lokasi studi diperoleh hasil bahwa kelas hambatan samping masuk dalam kategori sedang, kecepatan arus bebas sebesar 53,25 km/jam dan kapasitas sebesar 3157,44 skr/jam. Hasil analisa pengaruh fasilitas u-turn menunjukan perubahan pada lokasi studi. Pada lokasi u-turn depan Swiss House Bakery Yogyakarta untuk ke arah utara diperoleh perubahan derajat kejenuhan dari 0,62 menjadi 0,72, penurunan kecepatan tempuh sebesar 53,6% dan ke arah selatan diperoleh perubahan derajat kejenuhan dari 0,83 menjadi 0,73, penurunan kecepatan tempuh sebesar 43,8%. Sedangkan untuk kapasitas menjadi 2904,84 skr/jam yang diakibatkan oleh adanya panjang antrian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kinerja jalan, kinerja u-turn,pengaruh
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Aug 2018 09:16
Last Modified: 18 Oct 2018 02:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15294

Actions (login required)

View Item View Item