PENGARUH LINGKUNGAN TOKO PADA PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF DI SUPER INDO

Yunitasari, Stefani Ria (2017) PENGARUH LINGKUNGAN TOKO PADA PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF DI SUPER INDO. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Stefani Ria Yunitasari)
EM20339.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh lingkungan toko yang terdiri dari musik, pencahayaan, karyawan, dan tata ruang terhadap afeksi positif, afeksi negatif dan dorongan untuk melakukan pembelian impulsif. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk menguji pengaruh afeksi positif dan afeksi negatif terhadap dorongan untuk melakukan pembelian impulsif, serta menguji pengaruh dorongan untuk melakukan pembelian impulsif terhadap pembelian impulsif. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner yang dilakukan secara online kepada konsumen Super Indo yang berstatus sebagai mahasiswa/i yang sedang menempuh pendidikan Strata Satu (S1) di kota Yogyakarta, dengan menggunakan sampel 175 mahasiswa yang melakukan pembelian di Super Indo dalam 1 bulan terakhir. Metode sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan desain pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan toko (musik, karyawan, dan tata ruang) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap afeksi positif, afeksi negatif dan dorongan untuk melakukan pembelian impulsif. Sedangkan variabel lingkungan toko yaitu pencahayaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap afeksi positif, afeksi negatif maupun dorongan untuk melakukan pembelian impulsif. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa afeksi positif dan afeksi negatif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap dorongan untuk melakukan pembelian impulsif. Dan hasil lain dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa dorongan untuk melakukan pembelian impulsif memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap pembelian impulsif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan toko, afeksi positif, afeksi negatif, dorongan untuk melakukan pembelian impulsif, pembelian impulsif, ritel
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Aug 2018 08:47
Last Modified: 01 Aug 2018 08:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15295

Actions (login required)

View Item View Item