PENGARUH LIKUIDITAS SAHAM DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN VARIABEL KONTROL UKURAN PERUSAHAAN DAN UMUR PERUSAHAAN (Studi Empiris Saham Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)

Diaz, Gratiana Anastasia Sania (2017) PENGARUH LIKUIDITAS SAHAM DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN VARIABEL KONTROL UKURAN PERUSAHAAN DAN UMUR PERUSAHAAN (Studi Empiris Saham Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Gratiana Anastasia Sania Diaz)
EM20714.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh likuiditas saham dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan menggunakan ukuran perusahaan dan umur perusahaan sebagai variabel kontrol. Nilai perusahaan pada penelitian ini diukur dengan menggunakan rasio tobin’s Q, likuiditas saham pada penelitian ini diukur dengan menggunakan Trading Volume Activity (TVA) dan untuk kepemilikan manajerial menggunakan variabel dummy. Sedangkan, untuk variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan kapitalisasi pasar dan umur perusahaan dihitung dari semenjak perusahaan berdiri sampai pada tahun penelitian. Penelitian ini menggunakan data sekunder pada periode pengamatan tahun 2012- 2016. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini mencakup seluruh perusahaan indeks LQ45. Metode yang digunakan adalah purposive sampling diperoleh 80 sampel untuk model regresi. Pada penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas saham dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Variabel kontrol yang digunakan yaitu ukuran perusahaan berpengaruh posiitf terhadap nilai perusahaan sedangkan, umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada saham indeks LQ45 tahun 2012-2016.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: nilai perusahaan, likuiditas saham, kepemilikan manajerial.
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Aug 2018 09:40
Last Modified: 01 Aug 2018 09:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15303

Actions (login required)

View Item View Item