Ritonga, Yohana (2017) ANALISIS PROFITABILITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada HOTEL PYRENEES Di YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.
Text (Yohana Ritonga)
EA20034.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Analisis profitabilitas pelanggan dapat memberikan informasi tentang jenis pelanggan mana yang paling menguntungkan bagi perusahaan, seberapa besar kos per jenis pelanggan dan menjadi salah satu pertimbangan dalam membuat strategi perusahaan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Analisis profitabilitas pelanggan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pendekatan pelaporan segmen. Analisis profitabilitas pelanggan dengan pelaporan segmen akan memberikan informasi yang baik bagi manajemen tentang kotribusi dan kinerja setiap pelanggan. Metode yang digunakan adalah metode penelusuran langsung (direct tracing) dan metode penelusuran dengan menggunakan penggerak (driver tracing). Penelitian ini dilakukan pada hotel Pyrenees Yogyakarta dengan metode observasi, wawancara secara langsung, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis profitabilias setiap pelanggan di hotel Pyrenees Yogyakarta. Penelitian ini berhasil mengidentifikasi dan menghitung biaya yang dikonsumsi hotel Pyrenees selama tahun 2016 menggunakan metode direct tracing dan driver tracing. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis profitabilitas dari setiap masing-masing jenis pelanggan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis profitabilitas pelanggan, pelaporan segmen, metode direct tracing dan driver tracing |
Subjects: | Akuntansi > Akuntansi Manejemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 01 Aug 2018 10:07 |
Last Modified: | 01 Aug 2018 10:07 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15307 |
Actions (login required)
View Item |