ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN DAN LANGKAH ANTISIPASINYA PADA PROYEK KONSTRUKSI DI SOLO DAN SEKITARNYA

Adheka, Nanda Prastity (2018) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN DAN LANGKAH ANTISIPASINYA PADA PROYEK KONSTRUKSI DI SOLO DAN SEKITARNYA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TS156460.pdf

Download (469kB)
[img] Text (BAB I)
TS156461.pdf

Download (294kB)
[img] Text (BAB II)
TS156462.pdf

Download (304kB)
[img] Text (BAB III)
TS156463.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text (BAB IV)
TS156464.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB V)
TS156465.pdf

Download (785kB)

Abstract

Seperti halnya biaya (cost) dan kualitas (quality), waktu (time) merupakan elemen penting dalam sebuah pekerjaan proyek konstruksi. Pelaksanaan proyek yang tidak sesuai dengan perencanaan, dapat mengakibatkan keterlambatan dan akan berdampak pada aspek lain dalam proyek tersebut. Dampak-dampak yang ditimbulkan dari keterlambatan dalam mengerjakan proyek konstruksi adalah peningkatan biaya. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah tentang faktor-faktor apa yang menjadi penyebab terjadinya keterlambatan penyelesaian suatu proyek konstruksi dan bagaimana langkah-langkah untuk mengantisipasi keterlambatan proyek konstruksi. Metodologi penelitian ini dimulai dengan cara perolehan data yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner ke proyek konstruksi di Solo dan sekitarnya. Kemudian dikumpulkan kembali dan diolah menjadi hasil penelitian. Pengolahan data yang dilakukan menggunakan rumus mean dan Standar Deviasi. Dari hasil analisis diperoleh bahwa faktor yang paling sering menjadi penyebab keterlambatan adalah faktor tenaga kerja, kemudian faktor konsultan, faktor owner, faktor peralatan, faktor kontraktor, faktor design, faktor material, faktor faktor eksternal. Sedangkan faktor antisipasi yang paling berpengaruh adalah Scope atau Lingkup Pekerjaan, kemudian Material dan Supplier, Design dan Metode Pelaksanaan, Alat, Tenaga Kerja, Critical Path Method, Manajerial, Kontrak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: proyek konstruksi, manajemen konstruksi, penyebab keterlambatan, antisipasi keterlambatan, tenaga kerja, Lingkup Pekerjaan.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Aug 2018 12:42
Last Modified: 17 Oct 2018 01:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15317

Actions (login required)

View Item View Item