PENGARUH KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN DI SELURUH PROVINSI INDONESIA

Simbolon, Henny Agnecia Uliarta (2017) PENGARUH KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN DI SELURUH PROVINSI INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Henny Agnecia Uliarta Simbolon)
EA19887.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Bentuk pertanggungjawaban dari pemerintah daerah kepada masyarakat dapat ditunjukkan melalui laporan keuangan daerah. Laporan keuangan pada dasarnya adalah hasil dari proses akuntansi yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi antara data keuangan atau aktivitas suatu perusahaan dengan pihak yang berkepentingan dengan data atau aktivitas dari pemerintah tersebut (Munawir, 2004). Salah satu upaya konkrit yang dapat mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bertanggung jawab adalah dengan menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh ukuran pemerintah daerah, ukuran legislatif, kekayaan pemerintah daerah, intergovernmental revenue, umur administratif, diferensiasi fungsional, spesialisasi pekerjaan dan rasio kemandirian keuangan daerah terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan di Seluruh Provinsi Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris. Objek penelitian ini adalah Pemerintah Daerah di seluruh Provinsi Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Laporan Keuangan Pemerintah Daerah di Seluruh Provinsi Indonesia tahun 2013-2015. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Kriteria dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah laporan keuangan pemerintah daerah di seluruh Provinsi Indonesia yang dipublikasikan dari tahun 2013 sampai 2015 serta memuat data-data yang diperlukan sebagai variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran pemerintah daerah berpengaruh positif terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan. Intergovermental revenue dan rasio kemandirian keuangan daerah berpengaruh negatif terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan. Ukuran legislatif, kekayaan pemerintah daerah, umur administratif, difrensiasi fungsional dan spesialisasi pekerjaan tidak berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ukuran pemerintah daerah, Ukuran legislatif, Kekayaan pemerintah daerah, Intergovermental revenue, Umur administratif, Difrensiasi fungsional, Spesialisasi pekerjaan, Rasio kemandirian keuangan daerah, Tingkat pengungkapan laporan keuangan
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Aug 2018 12:42
Last Modified: 06 Aug 2018 11:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15318

Actions (login required)

View Item View Item