PALYAMA, DAVID (2017) ANALISA PENERIMAAN MAHASISWA TERHADAP SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (STUDI KASUS : UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.
Text (DAVID PALYAMA)
TF06463.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Dalam perkembangan sistem informasi dalam sebuah institusi, perlu dipertimbangkan bagaimana penerimaan sistem informasi yang diimplementasikan terkait dengan penggunaan sistem informasi tersebut. Sistem informasi akademik atau E-Learning yang digunakan oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta dikembangkan sebagai sarana bagi mahasiswa untuk mendukung proses belajar mengajar dalam perkuliahan. Selama diterapkannya perlu dilihat bagaimana penerimaan sistem informasi tersebut dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model penerimaan pengguna Davis (1986). Pengujian dilakukan dengan mengukur pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Attitude Toward Using, Behavioral Intention terhadap Actual Usage. Metode pengujian statistik yang dilakukan yaitu uji statistik validitas, reliabilitas, normalitas, dan menguji pengaruh faktor menggunakan Structural Equation Model. Hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap sikap penggunaan, sikap penggunaan terhadap minat berperilaku, dan minat berperilaku terhadap penggunaan nyata. Namun persepsi kemudahan tidak mempunyai pengaruh terhadap minat perilaku. Hasil penelitian akan digunakan sebagai acuan pengembangan sistem informasi akademik selanjutnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi Akademik, Situs kuliah, Technology Acceptance Model. |
Subjects: | Teknik Informatika > Enterprise Inf System |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 02 Aug 2018 08:42 |
Last Modified: | 02 Aug 2018 08:46 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15330 |
Actions (login required)
View Item |