PENGARUH KOMPONEN INTELLECTUALCAPITAL TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012- 2016

Septian, Muhammad Danny (2017) PENGARUH KOMPONEN INTELLECTUALCAPITAL TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012- 2016. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Muhammad Danny Septian)
EM20756.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komponen intellectual capital yang mencakup Human Capital, Capital Employed dan Structural Capital (VAIC) terhadap profitabilitas perbankan di Indonesia dengan menggunakan perspektif berbasis akuntansi tradisional yang terdiri dari ROA dan ROE. Penelitian ini menggunakan data sekunder pada periode pengamatan tahun 2012-2016. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini mencakup seluruh perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode yang digunakan adalah purposive sampling diperoleh 120 sampel untuk model regresi. Pada penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian secara menunjukkan dampak yang signifikan dari variabel komponen intellectual capital yaitu Value Added Human Capital (VAHU) dan Value Added Capital Employed (VACA) terhadap ROA. Dan dampak signifikan dari Value Added Human Capital (VAHU), Value Added Structural Capital (STVA), dan Value Added Capital Employed (VACA) terhadap ROE. Penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya intellectual capital tidak hanya kepada perbankan tetapi juga bagi industri lain untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Intellectual Capital, Profitabilitas, Perbankan, Indonesia.
Subjects: Manajemen > Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Aug 2018 10:07
Last Modified: 07 Aug 2018 08:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15341

Actions (login required)

View Item View Item