IDENTIFIKASI FAKTOR KUNCI ELEMEN HELAM PADA E-LEARNING DENGAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS

Pritalia, Generosa Lukhayu (2018) IDENTIFIKASI FAKTOR KUNCI ELEMEN HELAM PADA E-LEARNING DENGAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TF080630.pdf

Download (852kB)
[img] Text (BAB I)
TF080631.pdf

Download (300kB)
[img] Text (BAB II)
TF080632.pdf

Download (278kB)
[img] Text (BAB III)
TF080633.pdf

Download (535kB)
[img] Text (BAB IV)
TF080634.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text (BAB V)
TF080635.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
TF080636.pdf

Download (246kB)

Abstract

Universitas Atma Jaya Yogyakarta telah menerapkan elearning yang dinamakan Learning Management System UAJY atau sering disebut situs kuliah UAJY (http://kuliah.uajy.ac.id). Situs kuliah ini digunakan untuk mempermudah proses perkuliahan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Sebagai sistem yang peranannya sangat penting dalam mendukung perkuliahan, sudah saatnya perlu dilakukan penelitian dan terhadap situs kuliah untuk perkembangan situs kuliah yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi Fitur kunci E-learning yang dianggap paling penting bagi mahasiswa yang intensif dan mahasiswa yang kurang intensif menggunakan situs kuliah. Penelitian ini dilakukan menggunakan Hexagonal Elearning Assessment Model (HELAM). HELAM dipilih karena model ini mencoba memberikan penilaian pada semua aspek baik dari pengajar, pelajar, institusi maupun dari sistem. Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) merupakan metode yang dipilih dalam pengambilan keputusan pada penelitian ini. Metode AHP banyak digunakan pada penelitian terdahulu karena kemampuan menghasilkan keputusan yang optimal. Hasil elemen paling penting yang dipilih oleh mahasiswa intensif adalah elemen course management sedangkan elemen paling penting yang dipilih oleh mahasiswa kurang intensif adalah elemen knowledgeable. Mahasiswa sebenarnya sudah memiliki keyakinan dan kemampuan yang tergolong tinggi dalam menggunakan situs e-learning, namum perlu dukungan dan dorongan untuk memotivasi mereka dari pemiliki atau pengembang sistem, pengajar dan bahkan dari sesama pelajar. Kata kunci: identifikasi, e-learning, web, HELAM, AHP.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: identifikasi, e-learning, web, HELAM, AHP.
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Aug 2018 07:36
Last Modified: 17 Oct 2018 06:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15354

Actions (login required)

View Item View Item