PENGARUH DAYA TARIK SALES PROMOTION PADA AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP TINGKAT BRAND EQUITY

KRISTANTO, ADIMAS CATUR (2017) PENGARUH DAYA TARIK SALES PROMOTION PADA AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP TINGKAT BRAND EQUITY. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ADIMAS CATUR KRISTANTO)
KOM04717.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Semakin berkembangnya zaman hal yang dulunya dianggap tabu terutama pada industri hiburan dunia malam menjadi sesuatu hal yang baru secara perlahan dapat diterima oleh sebagian besar masyarakat terutama pada media online. Media sosial Instagram mulai digunakan untuk menampilkan berbagai macam sales promotion terutama pada industri hiburan dunia malam dengan menggunakan akun clubbers sebagai penyampaian informasi yang dikemas sehingga memiliki daya tarik sales promotion. Akun @jogjaparty menjadi akun clubbers yang dapat dibilang popular di kalangan para pelaku clubbing dilihat dari jumlah followers yang mencapai puluhan ribu. Mulalui penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh tingkat daya tarik sales promotion di Instagram terhadap brand equity pada followers di Yogyakarta. Variabel bebas pada penelitian ini adalah variabel daya tarik sales promotion dan Variabel terikatnya adalah tingkat brand equity, teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori hierarki makna yang terorganisasi. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif explanatif. Data yang digunakan dalam penelitian nantinya akan dikumpulkan peneliti melalui survei dengan kuesioner atau angket yang akan dibagikan kepada responden melalui metode accidental sampling. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, distribusi frekuensi, dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana, ditemukan bahwa variabel tingkat daya tarik sales promotion pada akun @jogjaaparty di Instagram berpengaruh cukup signifikan terhadap variabel tingkat brand equity. Ketika dikontrol oleh umur sebagai salah satu karakteristik responden, berpengaruh cukup sebesar 37,2% pada followers di Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran bagi penelitian selajutnya adalah adanya kemungkinan untuk meneliti faktor lain selain tingkat daya tarik sales promotion terhadap tingkat brand equity, saran bagi akun clubbers adalah menampilkan sales promotion yang dikemas semenarik mungkin secara berkelanjutan karena berpengaruh cukup terhadap brand equity.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sales promotion, followers, brand equity
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Aug 2018 10:56
Last Modified: 09 Aug 2018 10:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15429

Actions (login required)

View Item View Item