Pengaruh Terpaan Informasi pada Follower Instagram dan Tingkat Kepercayaan pada akun instagram Terhadap Minat Beli pada Produk Fashion

TariganS, Ria WindaSari (2017) Pengaruh Terpaan Informasi pada Follower Instagram dan Tingkat Kepercayaan pada akun instagram Terhadap Minat Beli pada Produk Fashion. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Ria WindaSari TariganS)
KOM04528.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Jual beli secara online menjadi inovasi positif bagi pemasaran saat ini, karena dapat menekan budget operasional dalam pemasang iklan dan otlet fisik karena hanya menggunakan hand phone, foto barang dagangan dan mempunyai media sosial. Instagram menjadi salah satu media sosial yang diminati saat ini karena instagram mudah diakses dan juga menggunakan visualisasi seperti foto dan video dengan menerapkan filter digital untuk mengubah tampilan efek foto sehingga menarik untuk dilihat oleh follower instagram. Adorableproject merupakan salah satu brand fashion asal Indonesia yang memproduksi sepatu, pakaian, aksesoris, dompet dan tas wanita, yang menggunakan media sosial instagram dalam pemasarannya dengan nama akun instagram @adorableproject. Penelitian ini mengunakan metode survey, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian eksplanatif (kuantitatif). Data primer didapat melalui kuesioner kepada 100 responden. Metode pengukuran data menggunakan skala likert dan uji validitas menggunakan product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terpaan informasi penjualan di instagram terhadap tingkat kepercayaan pada akun instagram diperoleh nilai R sebesar 31,2% dan nilai signifikansi 0,002, hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat keeratan kedua varibel masuk dalam kategori lemah. Nilai koefisien determinasi yaitu sebesar 9,7%. Tingkat kepercayaan pada akun instagram terhadap minat beli produk fashion pada follower diproleh nilai R sebesar 71,2% dan nilai signifikansi 0,000, hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat keeratan kedua variabel masuk dalam kategori hubungan yang kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 50,7%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada terpaan informasi dan tingkat kepercayaan pada akun instagram terhadap minat beli produk fashion pada follower akun instagram @adorableproject. @adorabelproject, Teori S-O-R, Terpaan Informasi Penjualan, Tingkat Kepercayaan, dan Minat beli produk fashion

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jual beli secara online menjadi inovasi positif bagi pemasaran saat ini, karena dapat menekan budget operasional dalam pemasang iklan dan otlet fisik karena hanya menggunakan hand phone, foto barang dagangan dan mempunyai media sosial. Instagram menjadi salah satu media sosial yang diminati saat ini karena instagram mudah diakses dan juga menggunakan visualisasi seperti foto dan video dengan menerapkan filter digital untuk mengubah tampilan efek foto sehingga menarik untuk dilihat oleh follower instagram. Adorableproject merupakan salah satu brand fashion asal Indonesia yang memproduksi sepatu, pakaian, aksesoris, dompet dan tas wanita, yang menggunakan media sosial instagram dalam pemasarannya dengan nama akun instagram @adorableproject. Penelitian ini mengunakan metode survey, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian eksplanatif (kuantitatif). Data primer didapat melalui kuesioner kepada 100 responden. Metode pengukuran data menggunakan skala likert dan uji validitas menggunakan product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terpaan informasi penjualan di instagram terhadap tingkat kepercayaan pada akun instagram diperoleh nilai R sebesar 31,2% dan nilai signifikansi 0,002, hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat keeratan kedua varibel masuk dalam kategori lemah. Nilai koefisien determinasi yaitu sebesar 9,7%. Tingkat kepercayaan pada akun instagram terhadap minat beli produk fashion pada follower diproleh nilai R sebesar 71,2% dan nilai signifikansi 0,000, hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat keeratan kedua variabel masuk dalam kategori hubungan yang kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 50,7%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada terpaan informasi dan tingkat kepercayaan pada akun instagram terhadap minat beli produk fashion pada follower akun instagram @adorableproject. Kata kunci : @adorabelproject, Teori S-O-R, Terpaan Informasi Penjualan, Tingkat Kepercayaan, dan Minat beli produk fashion
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Aug 2018 11:03
Last Modified: 09 Aug 2018 11:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15431

Actions (login required)

View Item View Item