PENGARUH DAYA TARIK WEB SERIES TERHADAP BRAND IMAGES

Halim, Kevin (2017) PENGARUH DAYA TARIK WEB SERIES TERHADAP BRAND IMAGES. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Kevin Halim)
KOM04759.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik web series Axe di Youtube.com terhadap brand image Axe. Daya tarik pesan iklan adalah pendekatan yang digunakan untuk menarik perhatian konsumen, mempengaruhi perasaan konsumen terhadap produk yang diiklankan (Belch & Belch, 2001: 275). Web series memiliki subjek materi, teknik produksi, dan struktur yang unik dan sangat berbeda bila dibandingkan dengan program Tv (Iqbal, Irfansyah & Budi, 2014). Brand Image merepresentasikan asosiasi yang aktif di dalam memori dari seorang terhadap suatu merek (Shimp, 2010:39). Metode dalam penelitian ini adalah eksplanatif kuantitatif yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesa. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang menjadi subscriber di channel Youtube Axe berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik webseries Axe di Youtube.com berpengaruh signifikan terhadap Brand Images dari Axe menurut subscriber dari channel Axe. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 7,039 dengan tingkat signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi positif sebesar 0,579. Besarnya pengaruh daya tarik webseries Axe terhadap brand images dari Axe sebesar 0,336; hal ini berarti bahwa brand images dari Axe dipengaruhi oleh daya tarik webseries Axe sebesar 33,6%, sedangkan sisanya sebesar 66,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Perusahaan Axe disarankan untuk lebih meningkatkan kembali daya tarik iklan melalui web series di Youtube dengan cara: melakukan variasi pada iklan Axe, lebih persuasif dalam memunculkan iklan Axe, membuat iklan Axe tidak hanya menarik untuk dilihat atau didengar, melainkan perlu adanya informasi yang detail mengenai produk Axe dalam iklan, sehingga dapat menciptakan brand image Axe yang semakin positif mata konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik web series Axe di Youtube.com terhadap brand image Axe. Daya tarik pesan iklan adalah pendekatan yang digunakan untuk menarik perhatian konsumen, mempengaruhi perasaan konsumen terhadap produk yang diiklankan (Belch & Belch, 2001: 275). Web series memiliki subjek materi, teknik produksi, dan struktur yang unik dan sangat berbeda bila dibandingkan dengan program Tv (Iqbal, Irfansyah & Budi, 2014). Brand Image merepresentasikan asosiasi yang aktif di dalam memori dari seorang terhadap suatu merek (Shimp, 2010:39). Metode dalam penelitian ini adalah eksplanatif kuantitatif yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesa. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang menjadi subscriber di channel Youtube Axe berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik webseries Axe di Youtube.com berpengaruh signifikan terhadap Brand Images dari Axe menurut subscriber dari channel Axe. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 7,039 dengan tingkat signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi positif sebesar 0,579. Besarnya pengaruh daya tarik webseries Axe terhadap brand images dari Axe sebesar 0,336; hal ini berarti bahwa brand images dari Axe dipengaruhi oleh daya tarik webseries Axe sebesar 33,6%, sedangkan sisanya sebesar 66,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Perusahaan Axe disarankan untuk lebih meningkatkan kembali daya tarik iklan melalui web series di Youtube dengan cara: melakukan variasi pada iklan Axe, lebih persuasif dalam memunculkan iklan Axe, membuat iklan Axe tidak hanya menarik untuk dilihat atau didengar, melainkan perlu adanya informasi yang detail mengenai produk Axe dalam iklan, sehingga dapat menciptakan brand image Axe yang semakin positif mata konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik, Web Series, dan Brand Images
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Aug 2018 08:39
Last Modified: 13 Aug 2018 08:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15449

Actions (login required)

View Item View Item