PENGARUH FIDGETING TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI MAHASISWA

Nugroho, Kristanto Agung and Dewi K, Maria Chandra PENGARUH FIDGETING TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI MAHASISWA. [Research]

[img] Text (Kristanto Agung Nugroho)
TI01.15.894.pdf

Download (1MB)

Abstract

Konsentrasi merupakan kemampuan yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu masalah. Siswa dalam belajar juga memerlukan konsentrasi (DePorter, 2010). Sayangnya siswa sulit berkonsentrasi dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Untuk membantu berkonsentrasi, siswa memainkan pulpen, memutar koin, memainkan HP dan kegiatan iseng lainnya. Untuk memenuhi tujuan tersebut maka dibuatlah alat pengusir gelisah seperti fidget spinner dan fidget cube (Plafke, 2016). Dalam jurnal yang berjudul: Fidget spinners: Purported benefits, adverse effects and accepted alternatives (Schecter et. al., 2017), manfaat fidget spinner untuk meningkatkan konsentrasi masih dipertanyakan. Jurnal tersebut menyarankan untuk membuat penelitian kuantitatif untuk membuktikan klaim bahwa fidget spinner bisa meningkatkan konsentrasi. Sayangnya saat ini belum ada penelitian kuantitatif yang menguji keefektifan alat tersebut untuk meningkatkan konsentrasi. Tingkat konsentrasi seseorang dapat diukur dengan menggunakan uji stroop. uji stroop memanfaatkan operasi primitif kognisi, menawarkan petunjuk untuk proses dasar atensi. Variabel yang diteliti adalah Reaction Time for Correct Answer (RTCA) yaitu jumlah waktu reaksi dalam menjawab dengan benar dibagi dengan jumlah jawaban benar. Hasil dari penelitian ini adalah: pemakaian fidget spinner tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap perbedaan hasil pengukuran waktu respon. Pemakaian fidget spinner tidak memberikan perbedaan rata-rata kesalahan yang signifikan antara tidak menggunakan fidget spinner dan menggunakan fidget spinner.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: konsentrasi, uji stroop, fidget spinner
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Aug 2018 08:23
Last Modified: 15 Aug 2018 08:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15474

Actions (login required)

View Item View Item