PERBEDAAN PERSEPSI DIGITAL DEPENDENT: PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN DAMPAK SOSIAL EKONOMI DITIMBULKAN

Rustiana, . PERBEDAAN PERSEPSI DIGITAL DEPENDENT: PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN DAMPAK SOSIAL EKONOMI DITIMBULKAN. [Research]

[img] Text (Rustiana)
EA08.93.462.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berupa uji empiris perbedaan persepsi digital dependent atas pemanfaatan media socsal dan dampak social ekonomi yang ditimbulkan. Tujuan penelitian ini untuk mencari bukti empiris penggunaan media sosial, perbedaan persepsi pemanfaatan media social dan dampak positif dan negatif yang ditimbulkan dalam bidang sosial dan ekonomi. Media sosial merujuk pada aplikasi dan layanan dengan platform berbasis internet. Aplikasi yang paling terkenal di kalangan pengguna adalah jejaring sosial, blog, micro-blog, Wi-Fi dan situs-situs lain untuk berbagi konten informasi. Responden penelitian adalah 452 mahasiswa UAJY dari berbagai program studi. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner tertutup dan terbuka. Kueisoner secara tertutup digunakan untuk mendapatkan data mengenai frekuensi penggunaan, tujuan mengakses, pihak yang sering diajak berelasi dan topik yang sering diakses di media sosial. Penggunaan kuesioner terbuka untuk mendapatkan data media sosial yang paling sering digunakan responden. Selain itu responden diminta untuk menuliskan persepsi mereka tentang dampak positif dan negatif penggunaan media sosial dalam aspek sosial dan ekonomi. Kemudian data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis butir atas jawaban responden. Uji hipotesis perbedaan persepsi digital dependent dilakukan dengan menggunakan independent t-test. Penelitian ini memberikan bukti empiris tentang adanya perbedaan persepsi pemanfaatan media sosial dan dampak positif dan negatif dalam bidang sosial dan ekonomi. Bagi akademisi, hasil penelitian ini dapat berguna untuk mendesain materi bahan ajar di bidang pemanfaatan teknologi informasi dan dampak sosial yang ditimbulkan. Bagi praktisi, hasil penelitian ini dapat digunakan untuk menggunakan media sosial sebagai salah satu cara strategi bersaing di era digital.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: enerasi digital dependent, media sosial, dampak sosial-ekonomi
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Aug 2018 11:58
Last Modified: 15 Aug 2018 11:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15479

Actions (login required)

View Item View Item