MOTIF DAN KEPUASAN PENGGEMAR KLUB CHELSEA TERHADAP MEDIA ONLINE BOLA.NET

Triaspambudy, Raka Siwi (2017) MOTIF DAN KEPUASAN PENGGEMAR KLUB CHELSEA TERHADAP MEDIA ONLINE BOLA.NET. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Raka Siwi Triaspambudy)
KOM05107.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan penggemar klub Chelsea, terhadap media online bola.net. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota komunitas Chelsea Indonesia Supporters Club Regional Jogjakarta. Berdasarkan data yang dimiliki oleh Arselma Trus’tee Audrey, ketua komunitas Chelsea Indonesia Supporters Club Regional Jogjakarta, keseluruhan anggota berjumlah 250 orang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 89 orang. Penelitian menggunakan 2 variabel, yaitu Gratification Sought (GS), adalah motif seseorang dalam mengkonsumsi media dan Gratification Obtained (GO), adalah kepuasan yang diperoleh dalam mengkonsumsi media. Kedua variabel tersebut dibentuk dalam berbagai pertanyaan, kemudian menghitung jumlah skor Mean dan membandingkan skor GS dan GO. Data yang dikumpulkan berbentuk kuesioner dan disebar menggunakan internet. Data dalam kuesioner kemudian dilakukan pengujian dengan uji validitas dan reliabitias pertanyaan, lalu membentuk tabel dan menghitung jumlah mean dari Gratification Sought (GS) dan Gratification Obtained (GO). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji mean nilai Gratification Sought (GS) dan Gratification Obtained (GO) responden mengalami kepuasan pada kategori motif informasi interaksi sosial dan hiburan dengan selisisih mean 0,08, 0,08 dan 0,04. Sedangkan kategori motif identitas personal belum mengalami kepuasan dengan selisih mean 0,01. Kemudian hasil uji mean dijumlahkan secara total dan dibandingkan, didapatkan hasil bahwa responden mengalami kepuasan. Skor mean GS secara total adalah 11,81. Sedangkan untuk skor mean GO secara total adalah 12. Dari kedua skor tersebut maka memenuhi syarat kepuasan, dimana GO>GS dengan selisih 0,19. Dari hasil penelitian yang didapatkan, diharapkan dapat menjadi masukan informasi untuk penelitian selanjutnya mengenai motif dan kepuasan atau media massa internet

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media online, Motif dan kepuasan penggemar klub Chelsea, Sepak bola
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Aug 2018 10:31
Last Modified: 15 Aug 2018 10:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15483

Actions (login required)

View Item View Item