PERAN BRAND ACTIVATION GOOGLE APP DALAM MENCIPTAKAN CUSTOMER ENGAGEMENT

Pribadi, Monica Bayuasthi Herdyani (2017) PERAN BRAND ACTIVATION GOOGLE APP DALAM MENCIPTAKAN CUSTOMER ENGAGEMENT. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Monica Bayuasthi Herdyani Pribadi)
KOM05032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Brand activation merupakan strategi promosi yang bertujuan untuk menciptakan brand experience pada merek dalam diri pelanggan. Beberapa perusahaan brand di Indonesia telah menggunakan strategi brand activation untuk mempromosikan dan menjalin hubungan yang erat dengan pelanggan. Strategi ini dapat menimbulkan dampak pada pelanggan untuk melibatkan mereka dalam aktivitas dengan merek. Mengajak pelanggan untuk terlibat dalam aktivitas akan lebih mudah bila ditargetkan pada anak muda. Hal ini berhubungan dengan pskilogis anak muda yang mudah dan cepat terkena terpaan terhadap sesuatu. Seperti halnya yang dilakukan oleh Google Indonesia menggunakan brand activation untuk mengenalkan Google App kepada anak muda usia 18-24 tahun di Indonesia dengan melibatkan mereka dalam aktivitas eksplorasi tempat seru di kotanya. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana peran brand activation Google App #SelaluTauYangSeru yang berlangsung di Yogyakarta dalam menciptakan customer engagement. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil temuan data yang dikaji melalui konsep model brand activation dan proses customer engagement. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara mendalam dan studi pustaka melalui konten yang diunggah akun Twitter @Google_IDN serta subyek penelitian. Pemilihan subyek penelitian berdasarkan teknik purposive dengan batasan karakteristik yaitu usia 18-24 tahun, mengikuti lebih dari satu tempat, dan menggunakan Google App. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peran brand activation Google App #SelaluTauYangSeru di Yogyakarta terdiri dari empat peran. Peran tersebut antara lain brand awareness, media informasi, brand experience, dan media aktualisasi & eksistensi diri. Saran yang dapat diberikan setelah melakukan penelitian ini adalah Google harus lebih jelas menerangkan nama produk dari fitur pencarian suara, mereparasi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brand activation Google App
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Aug 2018 09:17
Last Modified: 16 Aug 2018 09:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15497

Actions (login required)

View Item View Item