ANALISIS UPAYA PENERAPAN KONSEP GREEN BUILDING TERHADAP EXISTING BUILDING BERDASARKAN SERTIFIKASI GREEN BUILDING COUNCIL INDONESIA

SINTAWATI, ARINDRA (2018) ANALISIS UPAYA PENERAPAN KONSEP GREEN BUILDING TERHADAP EXISTING BUILDING BERDASARKAN SERTIFIKASI GREEN BUILDING COUNCIL INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TS150200.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
TS150201.pdf

Download (162kB)
[img] Text (BAB II)
TS150202.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB III)
TS150203.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (BAB IV)
TS150204.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
TS150205.pdf

Download (5MB)

Abstract

Di era globalisasi ini, Indonesia mulai memiliki kesadaran untuk lebih peduli lingkungan dari sektor pembangunan sehingga menghasilkan gagasan tentang konsep green building. Konsep green building dianggap sebagai salah satu solusi untuk mengurangi kerusakan lingkungan. Selain menjadi kebutuhan di tengah fenomena global warming dan isu kerusakan lingkungan, ternyata penerapan konsep green building selain memberi dampak yang baik bagi lingkungan juga dapat menambah tingkat pendapatan bagi bangunan. Dampak baik ini mendorong pemilik maupun pengelola gedung untuk mulai menerapkan konsep green building pada bangunanya. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data perubahan dari dua gedung yang sudah melakukan perubahan sebagai role model dan data kondisi existing satu gedung non-green sebagai objek penelitian. Dari analisis data perubahan kedua role model diperoleh tiga pola perubahan untuk merubah objek penelitian non-green menjadi green building dan mendapat sertifikasi Greenship . Pola perubahan ini yaitu berdasarkan sintesa perubahan role model, berdasarkan kemudahan penerapan tolok ukur, dan berdasarkan besar poin penerapan tolok ukur. Pola perubahan ini diterapkan pada objek penelitian dan dianalisis untuk mendapatkan poin akhir bagi objek penelitian untuk melakukan sertifikasi Greenship. Berdasarkan penelitian, didapatkan hasil bahwa dengan menerapkan pola perubahan berdasarkan sintesa role model diperoleh adalah 68 poin untuk peringkat gold dan 88 poin untuk peringkat platinum. Jika menerapkan pola perubahan berdasarkan kemudaha penerapan tolok ukur diperoleh poin sebesar 78 poin untuk peringkat gold dan 97 poin untuk peringkat platinum. Jika menerapkan pola perubahan berdasarkan besar poin penerapan tolok ukur diperoleh poin sebesar 75 untuk peringkat gold dan 85 poin untuk peringkat platinum.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perubahan, existing building, Green Building, Greenship
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Aug 2018 10:32
Last Modified: 20 Aug 2018 10:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15514

Actions (login required)

View Item View Item