PENGUJIAN USABILITY ANTARMUKA SITUS WEB E-LEARNING UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA PADA MAHASISWA DENGAN KELAINAN PENGLIHATAN

Sidhawara, Aloysius Gonzaga Pradnya (2018) PENGUJIAN USABILITY ANTARMUKA SITUS WEB E-LEARNING UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA PADA MAHASISWA DENGAN KELAINAN PENGLIHATAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Aloysius Gonzaga Pradnya Sidhawara)
TF07782.pdf

Download (29MB)

Abstract

Usability sebagai ukuran sejauh mana suatu perangkat lunak dapat digunakan oleh konsumen untuk mencapai tujuan perlu ditinjau. Usability suatu situs web juga dipengaruhi oleh tampilan antarmuka. E-learning berbasis web yang menjadi teknologi pendukung kegiatan pengajaran dan pembelajaran tidak lepas dari aspek antarmuka pengguna yang perlu diperhatikan. Mahasiswa dengan kelainan penglihatan menghadapi kesulitan dalam mengakses informasi. Mereka menjadi terhambat dalam merasakan usability dari tampilan web tersebut. Maka dari itu riset usability testing antarmuka situs web e-learning khususnya terhadap mahasiswa dengan kelainan penglihatan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta perlu dilakukan. Usability testing perangkat lunak berbasis web dapat didukung teknologi eye-tracking. Teknologi ini digunakan untuk menaksir pergerakan mata seseorang dengan tujuan mengetahui pergerakan mata, pola pembacaan, dan diameter pupil yang menjadi indikator proses berpikir saat ekstraksi informasi visual pada suatu waktu yang spesifik. Dapat diketahui bagaimana individu berinteraksi dengan sebuah antarmuka. Berdasarkan kriteria perbandingan angka signifikansi (SIG) dengan nilai alpha 0.05, hasil yang diperoleh adalah aspek usability—kegunaan (usefulness), kemudahan penggunaan (ease of use), kemudahan dipelajari (ease of learn), dan kepuasan pengguna (satisfaction)—memiliki korelasi satu sama lain karena memiliki angka signifikansi lebih rendah dari nilai alpha. Hasil pengujian Korelasi Spearman, keempat aspek tersebut memiliki korelasi terhadap aspek pengerjaan tugas oleh responden (task). Urutan korelasi dari yang paling signifikan terhadap aspek pengerjaan tugas yaitu aspek kemudahan penggunaan dengan angka signifikansi bernilai 0.000, kemudian diikuti aspek kemudahan dipelajari dengan nilai 0.002, kepuasan pengguna dengan nilai 0.011, dan aspek kegunaan dengan nilai 0.029. Interaksi responden dengan penglihatan normal dan responden dengan penglihatan tidak normal terhadap tampilan antarmuka situs web e-learning relatif sama. Kecenderungan fokus pada elemen-elemen halaman situs web per tugas untuk kedua kelompok responden yaitu pada daftar pengumuman, daftar matakuliah, navigation bar, dropdown menu, tautan dan textbox halaman login. Kelainan penglihatan miopi dan/atau astigmatisma tidak menyebabkan kesulitan dalam pengerjaan tugas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Usability, usability testing, antarmuka pengguna, e-learning, web, eye tracker.
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Aug 2018 09:11
Last Modified: 21 Aug 2018 09:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15522

Actions (login required)

View Item View Item