PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK, KEMAMPUAN MEREK UNTUK MEMPENGARUHI DAN SIKAP LOYAL TERHADAP PERILAKU LOYAL (Studi pada konsumen pengguna sepatu merek Nike)

Wijaya, Haryanto (2018) PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK, KEMAMPUAN MEREK UNTUK MEMPENGARUHI DAN SIKAP LOYAL TERHADAP PERILAKU LOYAL (Studi pada konsumen pengguna sepatu merek Nike). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
EM204500.pdf

Download (407kB)
[img] Text (BAB I)
EM204501.pdf

Download (60kB)
[img] Text (BAB II)
EM204502.pdf

Download (131kB)
[img] Text (BAB III)
EM204503.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (BAB IV)
EM204504.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (BAB V)
EM204505.pdf

Download (365kB)

Abstract

Perilaku loyalitas konsumen dalam bentuk pembelian ulang harus dikembangkan. Hal ini karena pembelian ulang memberikan jaminan keberlangsungan bisnis di masa yang akan datang. Banyak cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan perilaku loyalitas (behavioral loyalty) konsumen pada produk atau merek perusahaan. Menciptakan sikap loyal (attitudinal loyalty) konsumen merupakan salah satu cara untuk meningkatkan perilaku loyalitas konsumen. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sikap loyalitas maupun perilaku loyalitas. Gecti dan Zengin (2013) dalam penelitiannya menguji pengaruh kepercayaan merek (brand trust) dan kemampuan merek untuk mempengaruhi (brand affect) sebagai prediktor sikap loyalitas dan perilaku loyalitas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust terhadap brand affect, mengetahui pengaruh brand trust dan brand affect terhadap attitudinal loyalty dan mengetahui pengaruh brand trust, brand affect dan attitudinal loyalty terhadap behavioral loyalty. Penelitian dilakukan pada 120 konsumen pengguna sepatu merek Nike di Yogyakarta yang membeli dan menggunakan sepatu merek Nike serta pernah melakukan pembelian ulang pada merek yang sama minimal sebanyak 1 kali dalam satu tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepercayaan merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemampuan merek untuk mempengaruhi. 2) Kepercayaan merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap sikap loyal. 3) Kemampuan merek untuk mempengaruhi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap sikap loyal. 4) Kepercayaan merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku loyal. 5) Kemampuan merek untuk mempengaruhi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku loyal. 6) Sikap loyal memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku loyal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kepercayaan merek, kemampuan merek untuk mempengaruhi, sikap loyal dan perilaku loyal
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Sep 2018 11:12
Last Modified: 03 Sep 2018 11:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15637

Actions (login required)

View Item View Item