PENGARUH TERPAAN INFORMASI “KLITIH” PADA AKUN CITIZEN JOURNALISM “INFO CEGATAN JOGJA” TERHADAP SIKAP PEMBACA (Studi Korelatif Kuantitatif Pengaruh Terpaan Informasi “Klitih” pada Grup Facebook Info Cegatan Jogja Periode Januari-Desember 2017 Terhadap Sikap Member (Followers-nya))

Uge, Margaretha Seviana (2018) PENGARUH TERPAAN INFORMASI “KLITIH” PADA AKUN CITIZEN JOURNALISM “INFO CEGATAN JOGJA” TERHADAP SIKAP PEMBACA (Studi Korelatif Kuantitatif Pengaruh Terpaan Informasi “Klitih” pada Grup Facebook Info Cegatan Jogja Periode Januari-Desember 2017 Terhadap Sikap Member (Followers-nya)). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Margaretha Seviana Uge)
KOM04492.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian eksplanatif survei yang berjudul “Pengaruh Terpaan Informasi “Klitih” Pada Grup Facebook Info Cegatan Jogja Periode Januari-Desember 2017 Terhadap Sikap Member (Followers-nya). Tujuan penelitian dibuat adalah penulis ingin mengetahui ada atau tidaknya pengaruh terpaan informasi klitih di grup facebook Info Cegatan Jogja terhadap sikap pembaca (membernya). Dalam penelitian ini jumlah member grup facebook Info Cegatan Jogja yang dijadikan sebagai sampling sebanyak 100 orang. Penarikan jumlah sampling tersebut didapat dari hasil penghitungan rumus Taro Yamane. Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer yang berupa kuisioner karena metode yang digunakan adalah survei. Alat uji atau analisis yang digunakan adalah rumus korelasi parsial dan analisis regresi linear karena dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yakni; variabel bebas (terpaan informasi klitih di grup facebook Info Cegatan Jogja), variabel terikat (sikap membernya atau followers-nya), dan variabel kontrol (faktor individu dan non-individu yang dapat mempengaruhi pembentuk sikap seseorang). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden yang merupakan member (followers) grup facebook Info Cegatan Jogja mendapatkan terpaan informasi dalam kategori tinggi dan sedang. Begitu pula dengan sikap member (followers) grup facebook Info Cegatan Jogja yang menujukkan respon dengan kategori sedang. Dan berdasarkan hasil penelitian melalui regresi sederhana didapati kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara yang signifikan terpaan informasi klitih di grup facebook Info Cegatan Jogja terhadap sikap pembaca (followers-nya) sebesar 0,255 (25,5%) dan nilai significant (0,000) lebih rendah dari α (0,05), sehingga disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat pengaruh terpaan informasi klitih di grup facebook Info Cegatan Jogja terhadap sikap pembaca (followersnya).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media massa, terpaan informasi, media sosial, efek media.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Sep 2018 12:59
Last Modified: 04 Sep 2018 12:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15674

Actions (login required)

View Item View Item