PENGARUH FREKUENSI MENONTON IKLAN TVC E-COMMERCE TERHADAP MOTIVASI BERBELANJA ONLINE (Studi Eksperimen Tentang Pengaruh Frekuensi Menonton Iklan TVC Tokopedia Versi “Wujudkan Mimpi Senimu - #MulaiAjaDulu di Tokopedia” terhadap Motivasi Berbelanja di Tokopedia dalam Acara “Waktu Indonesia Bercanda” NET.TV di kalangan Mahasiswa FISIP UAJY)

Natanendra, Gandhi (2018) PENGARUH FREKUENSI MENONTON IKLAN TVC E-COMMERCE TERHADAP MOTIVASI BERBELANJA ONLINE (Studi Eksperimen Tentang Pengaruh Frekuensi Menonton Iklan TVC Tokopedia Versi “Wujudkan Mimpi Senimu - #MulaiAjaDulu di Tokopedia” terhadap Motivasi Berbelanja di Tokopedia dalam Acara “Waktu Indonesia Bercanda” NET.TV di kalangan Mahasiswa FISIP UAJY). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (GANDHI NATANENDRA)
KOM04299.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh frekuensi menonton TVC terhadap motivasi. Masalah yang peneliti angkat adalah pengaruh frekuensi mentonton TVC Tokopedia versi “Wujudkan Mimpi Senimu” - #MulaiAjaDulu di Tokopedia” terhadap motivasi berbelanja di Tokopedia dalam acara Waktu Indonesia Bercanda NET TV di kalangan mahasiswa FISIP UAJY. Teori yang peneliti gunakan adalah komunikasi pemasaran, periklanan, iklan televisi / TVC, teori kultivasi, dan motivasi kebutuhan Maslow. Penelitian menggunakan metode eksperimen Posstest-Only Control Design dimana peneliti membagi 45 responden kedalam 3 kelompok penelitian diantaranya kelompok eksperimen 1, kelompok eksperimen 2, dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen 1 dan 2 akan menonton tayangan acara Waktu Indonesia Bercanda dengan durasi 1 jam yang telah peneliti setting di mana disetiap slot iklan, terdapat iklan TVC Tokopedia versi “Wujudkan Mimpi Senimu” - #MulaiAjaDulu di Tokopedia”. Kelompok eksperimen 1 menerima treatment menonton 3 kali tayangan iklan Tokopedia dan kelompok eksperimen 2 mnenerima treatment menonton 6 kali tayangan iklan Tokopedia. Sedangkan kelompok kontrol tidak menerima treatment menonton tayangan iklan Tokopedia. Teknik pengukuran data yang digunakan adalah skala Guttman, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis One Way ANOVA dan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas seluruh insstrumen dinyatakan valid dan reliable. Data hasil uji menunnjukaan kelompok eksperimen 2 dengan menonton 6 kali tayangan iklan memperoleh nilai rata-rata motivasi tertinggi (10,8), disusul kelompok eksperimen 1 (7,7) dan yang terendah adalah nilai rata-rata motivasi kelompok kontrol (3,67). Sedangkan motivasi responden tertinggi adalah kebutuhan fisiologis (93,3%) dan yang paling rendah adalah motivasi kebutuhan penghargaan (60%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah frekuensi menonton iklan berpengaruh pada motivasi. Dalam hal ini frekuensi menonton iklan TVC Tokopedia versi “Wujudkan Mimpi Senimu - #MulaiAjaDulu di Tokopedia” berpengaruh terhadap motivasi berbelanja di Tokopedia dengan nilai R 0,404; R Square 0,163; dan nilai Sig 0,006 < 0,05. Peneliti berharap penelitian selanjutnya menggunakan metode survei agar memperoleh hasil yang lebih sesuai dengan realita dilapangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: frekuensi iklan, iklan televisi, dan motivasi
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2018 07:47
Last Modified: 05 Sep 2018 07:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15681

Actions (login required)

View Item View Item