MANAJEMEN KOMUNIKASI BENCANA OLEH BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Kasus Penanggulangan Bencana Siklon Cempakadi Wilayah DaerahIstimewaYogyakarta)

Rini, Febrianita Candra (2018) MANAJEMEN KOMUNIKASI BENCANA OLEH BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Kasus Penanggulangan Bencana Siklon Cempakadi Wilayah DaerahIstimewaYogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Febrianita Candra Rini)
KOM05335.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Manajemen komunikasi bencana adalah serangkaian proses manajemen yang diaplikasikan pada kegiatan penanggulangan bencana. Proses tersebut dimulai dari persiapan, pengorganisasian, penyusunan staff, pengarahan dan pengawasan. Kegiatan penanggulangan bencana memerlukan adanya proses manajemen komunikasi untuk dapat terlaksananya penanggulangan bencana yang baik. Komunikasi menjadi bagian yang penting sebagai sarana koordinasi setiap bagian termasuk masyarakat dalam menjalankan penanggulangan bencana yang baik. Manajemen komunikasi bencana yang baik apabila dapat menjadi alat untuk dapat dilaksanakannya penanggulangan bencana yang baik. Melalui manajemen komunikasi bencana organisasi mampu melaksanakan koordinasi dan komunikasi yang baik kepada setiap pihak yang terlibat dalam penanggulangan bencana. Bencana yang merupakan potensi krisis paling nyata bagi suatu organisasi harus bisa ditangani dengan baik. Penanganan bencana yang baik ini memerlukan proses manajemen komunikasi bencana oleh organisasi terkait yang bertanggungjawab pada proses penanggulangan bencana. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus untuk melihat bagaimana manajemen komunikasi bencana yang dilakukan oleh BPBD DIY dalam penanganan bencana siklon cempaka. Pencarian data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada pihak yang terlibat dalam proses penanganan bencana siklon cempaka yaitu personil humas, supervisor dan manager Pusdalops PB BPBD DIY dan Sekretaris BPBD DIY. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPBD DIY kurang baik menerapkan tahapan manajemen komunikasi bencana dalam penanggulangan bencana siklon cempaka. Tidak adanya perencanaan yang baik untuk penanganan bencana siklon cempaka membuat BPBD DIY tidak bisa maksimal dalam memberikan penanganan. Waktu singkat yang dimiliki untuk memberikan respon membuat beberapa tahapan manajemen komunikasi bencana tidak maksimal dilakukan oleh BPBD DIY sehingga bencana siklon cempaka ini menjadi krisis bagi organisasi dan masyarakat. Antar bagian dalam BPBD DIY dan struktur komando tanggap darurat saling bekerja sama untuk melaksanakan penanggulangan bencana yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: manajemen komunikasi bencana, krisis, penanggulangan bencana.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2018 08:04
Last Modified: 05 Sep 2018 08:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15688

Actions (login required)

View Item View Item