Pengaruh Terpaan Iklan TVC GOJEK Terhadap Tingkat Motivasi Menggunakan GOPAY (Studi Eksplanatif pengaruh terpaan iklan TVC GOJEK versi #Hiduptanpabatas terhadap motivasi menggunakan GOPAY dikalangan Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

WICAKSONO, LEONARDUS ANGGI CAHYO (2018) Pengaruh Terpaan Iklan TVC GOJEK Terhadap Tingkat Motivasi Menggunakan GOPAY (Studi Eksplanatif pengaruh terpaan iklan TVC GOJEK versi #Hiduptanpabatas terhadap motivasi menggunakan GOPAY dikalangan Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (LEONARDUS ANGGI CAHYO WICAKSONO)
KOM04466.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan media elektronik memunculkan media baru yaitu internet. Internet merupakan web yang luas dan besar jaringan komputer yang menghubungkan komputer di seluruh dunia Startup berbasis teknologi dan internet pun kini bermunculan untuk berlomba-lomba bersaing menyediakan layanan jasa yang dapat mempermudah konsumennya Salah satunya GOJEK. GOJEK merupakan salah satu startup terbaik di Indonesia yang bergerak di bidang jasa layanan transportasi berbasis kendaraan bermotor. Televisi adalah salah satu media yang digunakan oleh PT.GOJEK Indonesia guna memperkenalkan layanan yang dimiliki dan menawarkannya pada masyarakat Indonesia, salah satu produk yang ingin diperkenalkan adalah GO-PAY. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan TVC GOJEK versi #Hiduptanpabatas terhadap motivasi penggunaan GO-PAY sebagai metode pembayaran. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif kuantitatif dengan metode survey. Alat pengumpulan data utama adalah kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang berjumlah 100 orang dengan syarat sudah pernah menonton iklan TVC GOJEK versi #Hiduptanpabatas dan sudah pernah menggunakan GO-PAY. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dna reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana terpaan iklan mempunyai pengaruh terhadap motivasi penggunaan. Hal ini dibuktikan dengan besarnya nilai sign 0,000a yaitu lebih kecil dari 0,005. Berdasarkan uji T, dapat diketahui bahwa antara variabel terpaan iklan TVC mempengaruhi variabel respon konsumen pada iklan, variabel respon konsumen pada iklan mempengaruhi motivasi penggunaan dan dan variabel terpaan iklan mempengaruhi variabel motivasi penggunaan. Dengan demikian iklan GOJEK terbukti mampu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi penggunaan GO-PAY, oleh karena itu PT GOJEK Indonesia perlu meningkatkan frekuensi iklan televisi karena terbukti televisi masih mampu merangsang untuk melakukan pembelian. Pembuatan iklan juga perlu terus melakukan inovasi agar mampu mengedukasi para konsumen agar selalu penasaran dengan produk atau jasa yang ditawarkan GOJEK.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Iklan, Respon Konsumen pada Iklan, Motivasi Penggunaan, GOJEK,GOPAY
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2018 09:44
Last Modified: 05 Sep 2018 09:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15696

Actions (login required)

View Item View Item