PENGARUH DAYA TARIK DAN KEPERCAYAAN PADA KARAKTER ANIMASI DALAM IKLAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN (Studi Eksplanatif Penggunaan Karakter Animasi di re:ON Comics)

Agastia, Maria Irene (2018) PENGARUH DAYA TARIK DAN KEPERCAYAAN PADA KARAKTER ANIMASI DALAM IKLAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN (Studi Eksplanatif Penggunaan Karakter Animasi di re:ON Comics). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Maria Irene Agastia)
KOM04324.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perusahaan harus mengkomunikasikan produk atau jasa yang dijual kepada khalayak. Salah satu cara untuk mengkomunikasikan produk atau jasa perusahaan adalah dengan iklan menggunakan iklan dengan karakter animasi. Iklan yang baik harus memiliki tingkat daya tarik dan tingkat kemampuan untuk dipercaya yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh tingkat daya tarik iklan dan tingkat kepercayaan pada iklan yang menggunakan karakter animasi terhadap niat pembelian. Teori yang digunakan terdiri dari teori Stimulus-Respon (S-R). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei pada 100 anggota komunitas pencinta komik re:ON Comics. Metode sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan ciri sampel anggota komunitas re:ON Comics di Yogyakarta yang telah terdaftar menjadi anggota minimal selama 1 tahun. Metode analisis data yang digukan terdiri dari analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) Tingkat daya tarik dan tingkat kepercayaan memiliki hubungan yang kuat (R = 0,796) dengan niat pembelian. 2) Tingkat daya tarik dan tingkat kepercayaan mampu memprediksi (mempengaruhi) 62,7% perubahaan niat pembelian. 3) Tingkat daya tarik iklan (beta = 0.490; p = 0,000) dan tingkat kepercayaan khalayak (beta = 0,382; p = 0,000) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan (p = 0,000) terhadap niat pembelian. Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa tingkat daya tarik dan tingkat kepercayaan khalayak yang tinggi pada iklan yang menggunakan karakter animasi di re:ON Comics secara nyata berkontribusi untuk meningkatkan niat pembelian konsumen. Perusahaan harus menggunakan berbagai macam strategi iklan yang tepat untuk meningkatkan niat pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: iklan, daya tarik, kepercayaan, niat pembelian, re:ON Comics
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2018 10:10
Last Modified: 05 Sep 2018 10:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15701

Actions (login required)

View Item View Item