PERAN SELEBRITI ENDORSER DALAM MEMBANGUN BRAND KNOWLEDGE MELALUI IKLAN DI INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peran Selebriti Endorser @kurniadewi, @igawinda dan @tanialitadevi Dalam Membangun Brand Knowledge Followers terhadap Hotel Komaneka Ubud Bali melalui Iklan di Instagram)

Wijaya, I Kadek Agus (2018) PERAN SELEBRITI ENDORSER DALAM MEMBANGUN BRAND KNOWLEDGE MELALUI IKLAN DI INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peran Selebriti Endorser @kurniadewi, @igawinda dan @tanialitadevi Dalam Membangun Brand Knowledge Followers terhadap Hotel Komaneka Ubud Bali melalui Iklan di Instagram). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (I KADEK AGUS WIJAYA)
KOM04755.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Brand Knowledge merupakan pengetahuan konsumen terhadap suatu produk atau jasa, pengetahuan tersebut dibentuk melalui dua dimensi yaitu brand awareness dan brand image. Penelitian ini akan mengkaji tentang peran selebriti instagram sebagai endorser dalam membangun brand knowledge followers mengenai Komaneka melalui iklan di instagram. Mengacu pada model komunikasi Laswell dengan menempatkan Komaneka sebagai sumber yang menetapkan tujuan komunikasi dan memilih selebriti instagram sebagai komunikator. Kebijakan dan inovasi terbaru menjadi aspek pada pesan, periklanan melalui instagram sebagai channel, followers dari selebriti instagram sebagai reciver, dan knowledge tentang Komaneka sebagai effect. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan unggahan selebriti instagram mengenai Komaneka sebagai objek penelitian dan followers dari selebriti instagram sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data primer dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap enam orang followers. Informan selaku followers dibagi menjadi dua kriteria yaitu followers yang mengikuti akun instagram Komaneka atas dasar informasi yang diberikan selebgram, followers yang berkunjung ke Komaneka atas dasar informasi yang diberikan selebgram. Hasil dari penelitian terkait peran selebriti instagram dalam membangun brand knowledge followers, yaitu diantaranya selebgram berperan sebagai sumber informasi, sebagai daya tarik, memberikan rekomendasi dan sebagai komunikator. Selebgram sebagai sumber informasi, sebagai daya tarik dan sebagai komunikator berperan dalam menciptakan brand awareness dan brand image followers terhadap Komaneka. Peran selebriti instagram sebagai endorser dalam membangun brand knowledge followers terhadap Komaneka melalui iklan di instagram dalam penelitian ini hanya sebatas memperkenalkan Komaneka ke followers. Selebriti instagram dalam penelitian ini belum mampu membentuk image yang diinginkan oleh pihak Komaneka, namun image yang muncul masih bersifat poitif bagi Komaneka. Dua kriteria informan menjadi faktor gagalnya selebgram dalam membangun image yang diinginkan. Informan yang mengikuti akun Komaneka hanya dapat menilai berdasarkan klasifikasi dan informan yang mengunjungi Komaneka dapat sesuai menilai Komaneka dengan image yang ingin ditampilkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brand Knowledge, Selebriti Instagram, Endorser
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2018 10:18
Last Modified: 05 Sep 2018 10:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15704

Actions (login required)

View Item View Item