KEPUASAN PEMBACA BLOG LIPPIELUST.COM (Studi Deskriptif Kuantitatif Kepuasan Informasi pada Perempuan Dewasa Muda Pembaca Blog Lippielust.com)

GLADIAVENTA, FRANSISCA ANDESKA (2018) KEPUASAN PEMBACA BLOG LIPPIELUST.COM (Studi Deskriptif Kuantitatif Kepuasan Informasi pada Perempuan Dewasa Muda Pembaca Blog Lippielust.com). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (FRANSISCA ANDESKA GLADIAVENTA)
KOM04865.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan blog di Indonesia menjadi suatu fenomena yang harus diakui keberadaannya. Tren blog yang memberikan informasi dengan segala macam topik membuat blog semakin dicari-cari oleh banyak orang. Tidak sedikit juga perempuan yang berfikir bahwa informasi seputar produk lipstik menjadi informasi yang sangat dibutuhkan oleh mereka. Salah satu blog yang membahas informasi mengenai produk lipstik adalah Lippielust.com. Blog Lippielust.com merupakan blog dengan konten khusus mengulas produk lipstik dengan sebutan Indonesia’s Ultimate Source for Swatches and Reviews. Rissa Stellar menghadirkan Lippielust.com bertujuan untuk mengajak dan mengumpulkan para perempuan yang tertarik dengan lipstik untuk ikut dalam proses swatching dan review produk lipstik. Lippielust.com juga merupakan tempat untuk mengedukasi mengenai produk lipstik. Penelitian ini membahas mengenai kepuasan informasi pada perempuan dewasa muda pembaca blog Lippielust.com. Pemilihan topik ini dikarenakan keinginan untuk mendalami kepuasan informasi yang didapat oleh para perempuan dewasa muda untuk memenuhi keinginan dalam mendapatkan informasi mengenai produk lipstik. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana blog menjadi media pemenuhan informasi bagi perempuan dewasa muda tentang produk lipstik dan sejauh mana tingkat kepuasan para perempuan dalam mengkonsumsi blog Lippielust.com tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survei dengan alat bantu kuesioner. Pembaca blog Lippielust.com merupakan populasi dalam penelitian ini. Penelitian ini akan melihat kepuasan perempuan dewasa muda sebagai pembaca dari blog Lippielust.com sehingga sampel pada penelitian ini adalah 355 responden perempuan dewasa muda yang berusia 18-40 tahun. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden mendapatkan kepuasan terhadap motif interaksi sosial pada blog Lippielust.com. berdasarkan hasil dari uji mean dimana jumlah skor mean Gratification Sought lebih kecil dibandingkan dengan skor mean Gratification Obtained (GS<GO) dengan selisih sebesar 11,92. Artinya kepuasan yang diterima lebih besar dari motif kebutuhan yang diharapkan, dengan begitu blog Lippielust.com memuaskan khalayaknya sehingga Hipotesi alternatif (Ha) awal pada penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gratification Sought, Gratification Obtained, Kepuasan, Blog
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2018 10:23
Last Modified: 05 Sep 2018 10:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15705

Actions (login required)

View Item View Item