REPRESENTASI BUDAYA DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Peirce Video Iklan Sepatu Adidas Originals x Limited Edition Superstar dalam Akun Instagram @limitededt_sg)

SURIA, EGGI (2018) REPRESENTASI BUDAYA DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Peirce Video Iklan Sepatu Adidas Originals x Limited Edition Superstar dalam Akun Instagram @limitededt_sg). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (EGGI SURIA)
KOM05422.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Iklan memiliki hubungan yang erat dengan dunia luar atau yang disebut sebagai budaya. Instagram sebagai media baru telah membuat fenomena di mana penggunaan media sosial tidak lagi dimanfaatkan sebagai media komunikasi namun sebagai sarana untuk mengiklankan suatu produk. Hal ini secara tidak langsung menjadi tantangan bagi para pembuat iklan untuk semakin kreatif mengkreasikan ide-idenya dalam merepresentasikan suatu produk atau jasa yang dipromosikan melalui media Instagram. Penelitian ini menggunakan teori representasi dan budaya dengan metode analisis semiotik. Analisis semiotik yang digunakan adalah analisis semiotika Peirce. Objek penelitian ini adalah video iklan sepatu Adidas Originals x Limited Edition Superstar dalam akun Instagram @limitededt_sg. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui makna dari tanda verbal maupun non-verbal yang berasal dari video iklan sepatu Adidas Originals x Limited Edition Superstar. Video iklan sepatu Adidas Originals x Limited Edt Superstar selain memiliki tujuan untuk mempromosikan produk sepatu juga merepresentasikan mengenai negara Singapura. Singapura merupakan negara multikultur yang di dalam video iklan ini digambarkan dengan memiliki kekayaan budaya yang berasal dari Indonesia, China, kawasan Asia Pasifik dan bangsa Barat. Singapura yang tidak memiliki budaya asli mampu menjunjung semangat multikulturalisme dan mengolah campuran budaya yang terdiri dari perbedaan suku dan tradisi dengan harmonis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Semiotika Peirce, Iklan, Budaya
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2018 12:31
Last Modified: 05 Sep 2018 12:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15708

Actions (login required)

View Item View Item