STRATEGI KREATIF PADA PEMBENTUKAN PESAN PLESETAN (Studi Kasus pada Desain Kaos Oblong PT. Aseli Dagadu Djokdja Tahun 2017)

Febriani, Katarina Kristin (2018) STRATEGI KREATIF PADA PEMBENTUKAN PESAN PLESETAN (Studi Kasus pada Desain Kaos Oblong PT. Aseli Dagadu Djokdja Tahun 2017). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (KATARINA KRISTIN FEBRIANI)
KOM05000.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan strategi kreatif dalam pembentukan pesan plesetan pada desain kaos PT. Aseli Dagadu Djokdja. Desain kaos yang dipilih dalam penelitian ini adalah desain-desain kaos yang diproduksi dan dikomunikasikan pada tahun 2017. Penggunaan strategi kreatif mampu menyampaikan pesan efektif mengatasi masalah yang ada pada era digital yang memiliki masalah cluttering pada proses komunikasi. Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian eksploratif kualitatif dengan studi kasus desain kaos PT. Aseli Dagadu Djokdja tahun 2017. Teori-teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah Model Komunikasi SMCR Berlo, Teori Strategi Kreatif, dan Teori Kognitif. Pengumpulan data berupa informasi dilakukan dengan teknik wawancara dan telaah dokumen. Wawancara dilakukan dengan manajer kreatif dan desainer. Telaah dokumen dilakukan pada media komunikasi yang dimiliki oleh PT. Aseli Dagadu Djokdja, yaitu: website, Twitter, dan Instagram. Hasil penelitian terbagi menjadi dua bagian besar, yaitu (1) strategi kreatif yang digunakan memiliki pola yang terbagi atas tiga tahap: mengamati peta, mencermati arus utama, dan melawan dengan alternatif; (2) konteks dan konten memiliki pengaruh pada pembentukan pesan desain kaos. Kedua hasil itu dianalisis dengan hasil (1) strategi kreatif berupa inovasi yang dihasilkan melalui tiga tahap dalam pembentukan pesan desain kaos dan (2) konteks dan konten yang digunakan pada pembentukan pesan dengan daya tarik humor, khususnya plesetan. Konteks dan konten akan membantu penerima pesan mengasosiasikan persepsi terhadap pesan plesetan yang dibentuk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pesan, Strategi Kreatif, Persepsi, Plesetan
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2018 12:37
Last Modified: 05 Sep 2018 12:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15709

Actions (login required)

View Item View Item