Pemanfaatan Media Sosial dalam Membangun Relasi Interpersonal (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam Membangun Relasi Pertemanan)

PUNGKI, FIDELIA (2018) Pemanfaatan Media Sosial dalam Membangun Relasi Interpersonal (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam Membangun Relasi Pertemanan). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (FIDELIA PUNGKI)
KOM05227.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemunculan internet menimbulkan banyak model baru dalam cara berkomunikasi. Salah satu perkembangan model baru tersebut adalah media sosial. Hanya dengan membuka beberapa media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, , Linkedln dan Social “Chat” Apps seperti Line, Whatsapp, Blackberry Messager, Kakao Talk, dan Instagram. Saat ini orang dengan mudahnya mengirim pesan pribadi, menelfon kerabat, bahkan dapat melakukan video call dengan kerabatnya sehingga pengguna dapat melakukan face to face melalui media sosial tanpa harus bertemu dengan orang tersebut. Selain pada masyarakat umum, media sosial telah tumbuh dan berkembang di ranah mahasiswa seperti yang terjadi pada mahasiswa prodi ilmu komunikasi angakatan 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta untuk menjalin relasi pertemanan dengan teman seangkatan. Membangun relasi pertemanan tidak lepas kaitannya dengan relasi interpersonal (Oliver & Raney, 2014, h. 112) dan dibutuhkan adanya tahapan komunikasi interpersonal untuk membina hubungan dari yang tidak intim menuju hubungan yang intim dapat terlihat dengan jelas. Tahapan komunikasi interpersonal tersebut yaitu kontak, keterlibatan, keakraban, perusakan, dan pemutusan (Devito, 2007, h. 233-235). Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan tenik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam dari 3 pasang partisipan. Proses penelitian kualitatif ini dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaaan, mengumpulkan data yang spesifik dari para partisipan, dan menganalisis. Penelitian ini menemukan bahwa adanya kombinasi pemanfaatan media sosial line dan instagram melalui fitur- fitur andalannya untuk membangun relasi interpersonal pada mahasiswa prodi ilmu komunikasi 2017. Media sosial ini telah dimanfaatkan sesuai dengan tahapan komunikasi interpersonal yaitu kontak, keterlibatan, dan keakaraban.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Komunikasi Interpersonal, Penetrasi Sosial
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Sep 2018 08:30
Last Modified: 06 Sep 2018 08:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15723

Actions (login required)

View Item View Item