PERSEPSI WARTAWAN KEDAULATAN RAKYAT TERHADAP PERUBAHAN TREN SURAT KABAR DARI CETAK KE ONLINE DAN MENGHASILKAN BERITA YANG MENGANDUNG KEBENARAN

RASYID, SHANI RAMADHAN (2018) PERSEPSI WARTAWAN KEDAULATAN RAKYAT TERHADAP PERUBAHAN TREN SURAT KABAR DARI CETAK KE ONLINE DAN MENGHASILKAN BERITA YANG MENGANDUNG KEBENARAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (SHANI RAMADHAN RASYID)
KOM04812.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini telah terjadi perubahan tren surat kabar di mana semakin banyak orang yang membaca surat kabar online. Hal ini berdampak pada banyak aspek. Salah satu aspek terdampak adalah wartawan surat kabar cetak, terutama pada kesejahteraan mereka. Kedaulatan Rakyat adalah salah satu surat kabar yang memiliki sejarah panjang di Yogyakarta, bahkan di Indonesia. Namun surat kabar tersebut, seperti semua surat kabar lainnya di Indonesia, berada dalam ancaman. Oleh karena itu penting untuk mengetahui persepsi wartawan Kedaulatan Rakyat terhadap perubahan tren tersebut. Tiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda, khususnya dalam ruang lingkup budaya organisasi lingkungan surat kabar Kedaulatan Rakyat. Selain itu, perubahan tren tersebut otomatis memberi dampak pada cara mereka dalam memproduksi berita. Kemunculan surat kabar online memunculkan masalah dengan semakin banyaknya tersebar berita hoax. Kebenaran merupakan salah satu elemen yang penting dalam menghasilkan sebuah berita, baik itu dalam surat kabar cetak maupun online. Dengan maraknya hoax perlu diketahui peran wartawan cetak dalam menyikapi hal yang tidak sesuai tersebut. Teori persepsi digunakan untuk membahas proses persepsi wartawan Kedaulatan Rakyat. Untuk menyajikan konteks maka pembahasan mengenai perubahan tren itu sendiri perlu dilakukan. Pembahasan akan diakhiri dengan menganalisis temuan data dengan konsep kebenaran suatu berita itu sendiri Penelitian kualitatif ini datanya diperoleh melalui wawancara dengan tiga wartawan Kedaulatan Rakyat, pemimpin redaksi Kedaulatan Rakyat, Direktur pemasaran Kedaulatan Rakyat, dan pemimpin redaksi Krjogja.com. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan kerangka dan konsep yang sudah dipilih. Pada akhirnya dapat diketahui bahwa persepsi tiap wartawan begitu beragam. Sebagian besar wartawan mengaku bahwa surat kabar cetak mendapat tantangan dengan kehadiran surat kabar online. Walau begitu mereka optimis bahwa surat kabar cetak dapat bertahan. Namun hal itu tidak akan terjadi tanpa adanya perubahan dan penyesuaian pada diri surat kabar cetak sendiri. Salah satu cara yang dilakukan agar surat kabar cetak bisa bertahan adalah dengan menjalankan peran baru sebagai media penangkal hoax. Selain itu karena kecepatan berita sudah dimiliki surat kabar online, maka surat kabar cetak menyajikan hal yang berbeda yaitu kedalaman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Wartawan Kedaulatan Rakyat, perubahan tren surat kabar, Kebenaran Bill Kovach.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Sep 2018 08:32
Last Modified: 06 Sep 2018 08:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15724

Actions (login required)

View Item View Item