PENGARUH CASH HOLDING TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2016)

Febriana, Wenny (2018) PENGARUH CASH HOLDING TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Wenny Febriana)
EA21077.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kas merupakan aktiva lancar yang paling likuid. Suatu perusahaan bisa saja mempunyai aktiva tetap dalam jumlah besar, tetapi kekurangan kas pada saat tertentu. Perusahaan tentu harus menjaga jumlah kasnya agar tidak berlebih maupun kekurangan. Baik kelebihan maupun kekurangan kas, masing-masing memberikan dampak bagi perusahaan yang nantinya dapat berdampak pula pada persepsi investor terhadap nilai perushaan. Oleh karena itu, kebijakan cash holding merupakan hal penting bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cash holding terhadap nilai perusahaan pada perusahaan-perusahaan manufaktur di Indonesia selama periode 2012-2016 dengan terlebih dahulu melihat ada atau tidaknya optimal cash holding level. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio kas dan rasio kas kuadrat tidak signifikan mempengaruhi nilai perusahaan yang berarti perusahaan sampel tidak memiliki optimal cash holding level sehingga pengaruhnya terhadap nilai perusahaan dan pengaruh deviasi dari optimal cash holding level terhadap nilai perusahaan tidak dapat diverifikasi. Dengan demikian penelitian ini mendukung teori pecking order yang menyatakan bahwa tidak ada optimal cash holding level pada perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Cash Holding, Optimal Cash Holding Level, Nilai Perusahaan, Teori Pecking Order
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Sep 2018 08:56
Last Modified: 06 Sep 2018 08:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15732

Actions (login required)

View Item View Item